Latest Entries »

Menu-Menu Menggiurkan di 'Udara' (1/2)

Airline Meal atau lebih dikenal dengan sebutan Inflight Meal adalah makanan/minuman yang disajikan kepada para penumpang penerbangan komersial. Menu yang disajikan pun sangat bervariasi dalam kualitas dan kuantitas di berbagai maskapai penerbangan. Berkisar dari menu sederhana pada jarak pendek di kelas ekonomi hingga hidangan berkelas pada kelas satu di penerbangan jarak jauh. Persiapan makanan selama penerbangan bukanlah hal sederhana. Keketatan persyaratan harus dipenuhi, mulai dari mutu makanan, higienitas, hingga penyajian. Proses dari belanja bahan hingga disajikan tak boleh lebih dari 24 jam guna menjaga kesegaran sajian.

Dalam penerbangan (jarak jauh) internasional, menemukan makanan yang pas di ketinggian 30.000 sampai 35.000 pastilah tidak mudah. Apalagi jika kita sedang dalam program diet misalnya. Karena itu, para operator penerbangan terus melakukan perbaikan dalam pelayanan dan kualitas inflight meal-nya, terutama untuk penumpang kelas bisnis atau kelas satu. Bahkan di beberapa maskapai, para penumpang dapat memesan menu khusus sesuai keinginannya.


JAPAN AIRLINES
Di Jepang, maskapai penerbangan Japan Airlines yang sempat mengalami kebangkrutan beberapa waktu yang lalu sebenarnya memiliki menu yang unik. Jika ingin menikmati menu mie saat berada di ketinggian, maka Japan Airlines inilah yang menjadi pilihan tepat. Sebab maskapai ini menyajikan Mie Soba ala Jepang, yang berbahan baku terigu. Maskapai ini menghabiskan waktu dua tahun persiapan sebelum memutuskan untuk menghadirkan mie, yang disajikan dingin, tidak terlalu lembut dan tidak terlalu keras dengan dibubuhi saup celup.
Selain itu maskapai ini juga menawarkan menu Barat berkalori rendah dan menu tradisional Jepang lainnya, seperti sushi dan sashimi tuna atau cumi. Kira-kira beberapa tahun yang lalu, Japan Airlines juga memperkenalkan menu tradisional Jepang bekerjasama dengan Kyoto Cuisine 'Mebaekai' dengan tema The Haute Cuisine of Japan. Pilihan makanan yang disajikan pun dijamin segar, baik mentah, rebus, maupun panggang. Pada penerbangan jarak jauh, semua penumpang mendapatkan air mineral dan makanan ringan gratis setiap waktu.


SINGAPORE AIRLINES
Jika terbang di kelas satu atau bisnis Singapore Airlines, kita bisa memesan makanan terlebih dahulu melalui fasilitas pilihan di Book a Cook. Menu utamanya terdiri dari lobster thermidor, domba panggang, atau opor ayam pedas ala Thailand. Maskapai ini memiliki panel chef, yang terdiri dari 9 orang dari 8 negara dan tiga orang konsultan wine, untuk memastikan rasa menunya lezat dan unik. Beberapa chef-nya yang terkenal adalah Sir Gordon Ramsay dari Inggris yang juga kerap muncul di TV pada acara memasak 'The F word' dan Matthew Moran dari Australia yang sering mendapat penghargaan dari Sydney Morning Herald.
Selain lobster, ada juga menu kerang-kerangan dan seafood di maskapai ini. Antara lain adalah menu yang bernama Prawn and Scallop in Balsamic and Fennel Salad, yaitu udang yang disajikan segar dan scallop-nya terasa hidup dalam kuluman lidah. Kemudian Spiced Duck Leg in A Honey Citrus Sauce with Roasted Vegetables and Potatoes, yaitu kaki bebek goreng yang sangat renyah direndam dalam saus sitrus.


UNITED AIRLINES
Maskapai United Airlines mempekerjakan chef terkenal dari Chicago, Charlie Trotter, untuk meramu menu inflight-nya agar lebih lezat. Opor aprikot daging domba dengan kuskus Israel dan telur bakar pedas menjadi menu andalan yang dapat dipilih dalam penerbangan internasional kelas satu dan bisnis. Menu utama lain yang tersedia adalah ikan kakap putih bakar dengan bubur jagung serta daging bebek dengan racikan bumbu bakar jeruk, bawang bombay dan jahe. Para penumpang kelas satu juga dapat bersantap kapan saja, sesuai dengan jadwal makan yang diinginkan masing-masing penumpang. Setelah bersantap, United Airlines menyediakan berbagai pilihan wine kelas dunia dan kopi Starbucks®.


JET AIRWAYS
Para penumpang Jet Airways India dapat memesan menu sesuai kebutuhan diet. Daging kosher, rendah kalori, tidak berpenyedap, vegetarian, dan makanan diabetes adalah pilihan menu yang dapat dipesan. Untuk penumpang kelas satu, maskapai ini menawarkan makanan utama asli India seperti Bharwan Paneer Tikka dengan saus keju bakar pedas dicampur jeruk lemon hangat dan sampanye Dom Perignon. Maka tidaklah heran jika Jet Airways di tahun kemarin berhasil menggondol penghargaan 'Best Airline – in the Champagne/Sparkling Wine' pada kompetisi Internasional Wings Business Class Airline Wine untuk Lanson Noble Cuvee Brut Millesime 1999.


SCANDINAVIAN AIRLINES
Maskapai Scandinavian Airlines memanjakan para penumpang kelas premium penerbangan jarak jauh dengan cocktail sebelum lepas landas, kemudian makan malam dan sarapan sebelum mendarat. Bahkan jika sebelum mendarat ada penumpang yang belum bisa menikmati sarapannya karena lebih memilih kenyamanan tidur, Scandinavian Airlines mempunyai layanan baru yang bernama 'Grab & Go' yaitu penumpang dapat membawa sarapannya dalam sebuah tas yang telah disediakan termasuk juga kopinya. Selain itu pada buffet bar maskapai ini menyediakan berbagai minuman, buah, dan makanan kecil. Untuk makan malam, maskapai ini menyajikan humanskost, yaitu masakan tradisional rumahan Skandinavia. Termasuk ikan salmon dengan mustard-potatoes dan daun dill, daging dendeng basah dengan saus jamur kuning, dan baso daging Swedia dengan kentang dan lingonberry. Ada juga makanan tradisional Denmark, smorrebrod, yaitu sandwich dengan aneka topping seperti daging bakar dan salad kentang, udang, telur, dan gravlax serta mustard.


MALAYSIA AIRLINES
Malaysia Airlines mempekerjakan beberapa chef yang terlatih khusus untuk menciptakan variasi pilihan menu inflight meal-nya, maka tidak heran jika maskapai ini pernah memenangkan berbagai penghargaan kuliner bergengsi. Diantaranya adalah 'Skytrax Signature Dish Award' untuk menu Satay-nya dan 'Favourite Airline Food Award' dari Smart Travel Asia. Beberapa pilihan menu barat yang ditawarkan oleh Malaysia Airlines adalah Lamb Shank with Rosemary Sauce, Blue Eye Cod on Crisp Baby Potato dan Basil Tomato Cheese Ravioli. Sedangkan untuk menu tradisionalnya antara lain tersedia Nasi Lemak with Ikan Bilis and Prawn Sambal, Jumbo Prawn Curry Kandar, dan Chicken Biryani. Selain itu maskapai ini memiliki fasilitas yang dinamakan Chef-on-Call-First, yang memungkinkan para penumpang kelas satu untuk memesan menu terlebih dahulu secara eksklusif.



0 comments: