Latest Entries »

Tips Jitu Agar Terhindar Dari Dehidrasi

Jangan pernah sepelekan dehidrasi. Pastikan tubuh tetap bugar agar aktivitas luar ruangan Anda bersama keluarga tetap nyaman. Aktivitas bersama keluarga merupakan momen yang mengasyikkan. Bercengkrama sembari menikmati setiap sudut jalan yang dilewati menjadi saat-saat yang tak tergantikan. Namun, hal-hal sepele seringkali jadi terabaikan. Salah satunya adalah dehidrasi. Ini adalah kondisi saat tubuh kekurangan cairan. Aktivitas tubuh semakin meningkat, terutama ketika dalam kondisi cuaca yang panas. Sekilas, sepertinya tak ada yang perlu dikhawatirkan, tapi sebaiknya ubah pandangan ini. Kondisi ini bisa berbahaya karena 80% tubuh manusia terdiri dan cairan. Berikut tips agar Anda dan keluarga terhindar dan dehidrasi :

  • Konsumsilah lebih banyak buah-buahan. Tidak ada salahnya Anda membekali diri dengan buah-buahan segar yang bisa dimakan di manapun. Selain mengandung banyak vitamin, buah-buahan juga mengandung air yang cukup banyak untuk menyuplai cairan ke daLam tubuh kita.

  • Konsumsi cukup air saat menikmati camilan. Jangan lupa menyimpan jenis minuman favorit Anda. Semakin Anda menyukai suatu minuman, maka Anda akan terus-menerus minum dan akan sangat baik pula untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang.

  • Hindari minuman berkafein dan mengandung alkohol. Minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi. Hindari pula minuman yang mengandung karbonat karena dapat menyebabkan munculnya perasaan “penuh” di perut sehingga akan mengurangi keinginan Anda untuk minum.

  • Selain mengutamakan kegemaran, sebaiknya pertimbangkan pula jenis minuman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda dan keluarga harus menempuh rute yang panjang dan menguras cairan tubuh, sebaiknya minumlah minuman yang mengandung isotonik. Selain mudah ditemui di sepanjang perjalanan, minuman ini sangat berkhasiat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena aktivitas yang tinggi dan memiliki komposisi elektrolit yang seimbang mirip dengan cairan tubuh. Dengan demikian, minuman ini dapat lebih cepat diserap tubuh dan aman dikonsumsi anak-anak.

  • Bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi kalori atau sedang menjalankan diet, pilihlah minuman yang tidak mengadung kalori atau berlabel diet. Yang penting Anda harus ingat bahwa sangat disarankan untuk mengkonsumsi paling sedikit delapan gelas air sehari. Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan dehidrasi kan?


[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for Dehydration

0 comments: