Latest Entries »

Tips Submit Website Ke Search Engine

Setiap search engine mempunyai aturan tersendiri dalam menerima website. Disarankan agar membaca dengan seksama aturan yang mereka berikan. Jangan pernah berani melanggar, karena hanya akan membuang-buang waktu kita. Lihat juga berapa jumlah maksimal halaman web yang bisa kita daftarkan sekaligus dalam sekali waktu. Search engine yang mempunyai kemampuan deep crawler seperti Google, akan mampu menelusuri setiap link yang ada pada sebuah halaman web. Jadi kita tidak perlu men-submit setiap halaman satu persatu, cukup index-nya saja.

Saat ini ada lebih dari 1000 search engine yang bertebaran di internet. Tapi dari sekian banyak tersebut hanya beberapa saja yang memiliki database besar dan lengkap. Sebut saja 3 pemain utama; Google, Inktomi, dan AllTheWeb. Tiga search engine ini memiliki database yang sangat besar dan banyak dipakai sebagai secondary result pada search engine lainnya. Misalnya, database Google dipakai oleh Yahoo, Inktomi mem-backup MSN dan AOL search, dan AllTheWeb dipakai Lycos.

Banyak situs yang menawarkan jasa submit ke search engine secara otomatis. Sekali mengisi form, website kita bisa didaftarkan ke 30 search engine sekaligus (bahkan lebih). Cara ini memang sangat menghemat waktu, tapi tidak bisa terjamin keberhasilannya. Namun sekarang ini beberapa search engine menolak pendaftaran secara otomatis melalui program submitter. Contohnya adalah Altavista. Kita diwajibkan untuk memasukkan kode pendaftaran dengan benar sebelum bisa men-submit halaman web ke database Altavista. Kode tersebut dihasilkan secara otomatis dalam bentuk image acak, sehingga benar-benar perlu ketelitian untuk membacanya. Meskipun banyak menghabiskan waktu, tetapi submit secara manual masih jauh lebih aman. Atau sebagai alternatif, kita bisa mencari program submitter yang bisa menampilkan submission result secara langsung, tidak hanya mengeluarkan output berhasil atau gagal, namun tanpa bukti. Keadaan koneksi internet pun juga harus diperhatikan. Jangan men-submit pada saat koneksi internet lambat. Presentase kegagalan bisa lebih besar. Ada baiknya men-submit website di luar jam-jam sibuk, yang bisa menjamin koneksi secara lancar.

Tujuan utama dari pemasaran dan promosi online adalah menjangkau sebanyak mungkin pengunjung. Menurut Netrating, jangkauan pengunjung (audience reach) adalah presentase dari halaman-halaman web aktif yang sering dikunjungi yang berasal dari situs pencari selama sebulan. Satu hal yang harus dingat adalah sewaktu orang menjelajah internet, mereka cenderung mengunjungi lebih dari satu situs search engine dalam setiap pencariannya. Karena itu strategi promosi situs web kita seharusnya adalah :
  • Daftarkan situs kita pada situs-situs pencari utama, karena sering mendapat lebih banyak kunjungan.
  • Daftarkan situs kita pada beberapa situs pencari, karena orang-orang pada umumnya menggunakan lebih dari satu situs pencari.

Maka paling tidak kita maksimalkan strategi promosi web ke 10 daftar situs pencari utama. Berikut ini adalah urutan secara alfabet beberapa situs pencari utama di internet, selain Google tentu saja. Walaupun tidak semua, namun memiliki tingkat rating yang lumayan tinggi.

ALTAVISTA
Salah satu situs pencari yang cukup populer. Menurut mediametrix.com, situs ini menyediakan listing situs pencari untuk directory LookSmart.com.

DIRECTHIT
Situs pencari ini mengintegrasikan URL yang dikirim oleh kita berikut data popularitasnya. Situs yang sering dikunjungi oleh pengunjung untuk mendapatkan informasi tertentu berada pada urutan lebih tinggi dibandingkan situs yang secara terus menerus tidak pernah atau sedikit dikunjungi. DirectHit memberikan pelayanan listing-nya pada AT&T WorldNet.

EXCITE
Situs ini merupakan salah satu dari 10 situs pencari utama menurut mediametrix.com dan nielsen-netratings.com. Jadi kalau situs kita ingin dikenal, maka daftarkan ke situs pencari ini, dan daftarkan juga ke jaringan Excite. Jaringannya terdiri dari Magellan Software dan webcrawler.com.

GO
Seperti halnya Excite, Go (dulunya disebut Infoseek) tampil beda dengan situs pencari lain. Namun masih tetap pada urutan 10 besar dalam hal mendapatkan jumlah kunjungan.

INKTOMI
Kita tidak akan mendapatkan situs pencari bernama Inktomi. Tetapi jika kita mendaftarkan situs pada Inktomi (via HotBot), pasti situs anda akan terdaftar pada Yahoo!, AOL Search, Snap, GoTo, MSN, HotBot, dan juga terdaftar pada lebih dari 80 situs pencari lainnya.

LOOKSMART
Direction ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner.

LYCOS
Oleh beberapa pihak dinyatakan bahwa Lycos memiliki jumlah jangkauan pengunjung tertinggi kedua dari situs pencari lain. Agar situs kita bisa didaftarkan pada Lycos, maka daftarkanlah via DirectHit dan Open Directory atau jika ingin langsung juga bisa.

OPEN DIRECTORY
Dulu adalah "NewHoo". Apabila situs kita didaftarkan pada Open Directory, maka akan terdaftar juga pada 134 situs, termasuk AltaVista, AOL Search, HotBot, Lycos, dan Netscape.

REALNAMES
Jika kita mau, kita bisa anggarkan $100 per tahun untuk dibuatkan URL dengan keyword sehingga orang langsung masuk ke situs kita walaupun hanya mengetikkan keyword-nya saja pada browser internet explorer. RealNames juga akan menampilkan situs web kita apabila seseorang mengetikkan keyword yang telah kita beli. Begitu juga pada situs pencari berikut ini; About.com, AltaVista, Dogpile, AOL Search, Snap, GoTo, MSN, AOL Search, Snap, GoTo, Google, Go, dan LookSmart.

YAHOO!
Menurut mediametrix.com, lebih dari 60% pengunjung web menggunakan fasilitas ini setiap bulan. Yahoo tidak memiliki halaman submission URL, namun kita dapat masuk ke halaman di Yahoo dan cari informasi yang tertera di sana. Kemudian para editor Yahoo akan mendaftarkannya setelah dievaluasi.


Banyak pemilik website berusaha keras mendaftarkan situs mereka pada search engine dan directory. Ini semata-mata mereka lakukan karena melihat betapa peluang yang ditawarkan oleh kedua jenis mesin tersebut sangat menjanjikan. Jika website kita telah masuk listing, maka pada hakekatnya kita telah memiliki pemasar yang handal tanpa lelah, tanpa letih bekerja siang malam 24 jam nonstop. Kita memiliki The Real Marketer mumpuni yang menawarkan produk dan jasa kita ke seluruh pelosok dunia.

Sebelum memutuskan melakukan submit ada baiknya kita lihat gambar di bawah ini.


Ilustrasi gambar di atas memperlihatkan bagaimana ke-sepuluh situs pencari saling membentuk aliansi pencarian. Itulah sebabnya hasil pencarian yang diperoleh dari salah satu situs di atas tidak sama dengan yang diperoleh dari 10 portal utama yang memiliki jangkauan pencarian terluas. Karena itu antar situs pencari sering membentuk aliansi (lihat ilustrasi gambar di atas). Sekarang ini, kebanyakan dari situs pencari menggunakan dua situs pencari lain dan direktori web untuk membantu orang-orang mendapatkan informasi di dunia maya.

Situs-situs ini secara unik menampilkan data mereka dahulu, kemudian menambahkannya dengan servis tambahan sebagai alternatif. Yahoo misalnya, menampilkan data pencariannya dahulu kemudian menampilkan data yang diperoleh dari sesama situs pencarian hasil dari aliansi tersebut (Inktomi). Oleh karena itu, disarankan agar situs kita didaftarkan pada situs-situs pencari tersebut berikut direktori webnya yang disebabkan semua itu telah membentuk aliansi dengan kebanyakan dari situs-situs pencari.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for Search Engine

0 comments: