Latest Entries »

Kawasan Wisata Sukabumi (1/2)


Kabupaten Sukabumi, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Pelabuhan Ratu. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor di utara, Kabupaten Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Lebak di barat. Wilayah Kabupaten Sukabumi yang terletak sekitar 160 km dari arah Jakarta meliputi areal seluas 420.000 hektar yang terbentang mulai dari ketinggian 0-2.958 meter di atas permukaan laut. Pegunungan dan dataran tinggi mendominasi hampir seluruh kabupaten ini. Dataran rendah ada di pesisir selatan, mulai dari Teluk Ciletuh sampai muara sungai Cikaso dan Cimandiri


SELABINTANA

Kawasan ini mayoritas berupa tempat wisata yang berhubungan dengan gunung. Ada Gunung Halimun, Gunung Gede serta Gunung Pangrango yang telah dijadikan taman nasional. Ada perkemahan yang dikelola pemerintah daerah (Dinas Pariwisata) yaitu Pondok Halimun
dan yang dikelola swasta di daerah Situgunung dan Cinumpang. Aktivitas yang bisa kita lakukan meliputi hiking, trekking, camping, atau sekedar menikmati pemandangan indah dari atas gunung. Sejumlah binatang langka juga bisa kita jumpai di sana, seperti jenis primata Lutung (Trochypithecus auratus), Owa Jawa (Hylobates moloch), Surili (Presbytis comata), dan Elang Jawa (Spizaetus bartelsii).

Selain bumi perkemahan, tujuan wisata lain yang bisa didapatkan di kawasan ini adalah air terjun (curug), perkebunan teh (di Goalpara, Pondok Halimun), bunga hias dan kebun strawberry di Sukaraja. Di kebun strawberry, kita bisa memetik sendiri buah yang diinginkan kemudian ditimbang dulu sebelum membeli dan membawanya pulang. Sementara itu terdapat Kemuning Resort yang menawarkan tempat peristirahatan menarik, sekaligus trek offroad sepanjang tiga kilometer dengan pemandangan perkebunan. Sedangkan di Hutan Wisata Gunung Arca, selain pemandangan indah dan tempat peristirahatan, kita juga bisa melihat dari dekat peternakan lebah.

Di puncak Gunung Gede, kita bisa mendapati hamparan bunga edelweiss. Biasanya tempat ini paling ramai dikunjungi pada pertengahan bulan Agustus, karena tanggal 17 Agustus pagi diselenggarakan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Di kaki Gunung Gede juga ada tempat wisata hutan (wana wisata) Cipelang. Suasana tenang dengan pemandangan alam pegunungan bisa jadi obat kepenatan dan penghilang stres. Area perkemahan juga tersedia di sana.

Kemudian ada Taman Rekreasi Selabintana. Selain sebagai tempat bermain untuk anak-anak dan kolam renang, aktivitas yang bisa dilakukan di sini diantaranya adalah trekking, hiking, golf atau sekedar menikmati pemandangan. Hotel dan berbagai restoran tersedia di area ini.

Bagi yang menyukai caving, ada Gua Buniayu yang dikenal juga dengan nama Gua Siluman. Menelusuri gua sepanjang 2,5 km ini akan membutuhkan waktu 6-7 jam berjalan melalui lumpur, sungai bawah tanah dan air terjun. Di sejumlah bagian, kita harus merayap atau merangkak. Keindahan stalaktit dan stalakmit, serta berbagai ornamen gua bisa kita nikmati di sini.


CIMALATI

Meskipun sama-sama terletak di wilayah utara dengan Selabintana, kawasan wisata Cimalati menawarkan objek yang sedikit berbeda. Di lereng Gunung Salak misalnya, terdapat tempat relaksasi bertaraf internasional, yaitu Javana Spa. Mengedepankan customized konsep, paket spa disesuaikan dengan kondisi fisik dan daya tahan tubuh tiap tamu yang datang. Sejumlah ahli akan membantu menyusun kegiatan dan menu makanan yang paling sesuai untuk kita. Menempati area seluas 123 hektar, Javana Spa dilengkapi berbagai sarana seperti fitness center, yoga, kolam renang, lapangan tenis, serta tentu saja sarana untuk spa seperti jacuzi dan massage. Kita bisa memilih jenis perawatan pijat yang tersedia, diantaranya Javana Aromatic Massage, Onsen Bath (mandi sulfur ala Jepang), Volcanic Mud Body Mosques,
Hydrotherapy, dan Strawberry Mint Scrub. Selain itu berbagai aktivitas yang berhubungan dengan alam juga tersedia di Javana Spa, seperti hiking, berendam di air terjun, atau panjat tebing. Suasana tenang pegunungan dijaga sedemikian rupa sehingga kita tak akan menemukan televisi atau radio di 30 kamar yang tersedia di sana. Dengan demikan sekembalinya dari Javana Spa, diharapkan tubuh dan jiwa benar-benar fresh.

Tea Walk merupakan salah satu kegiatan wisata yang bisa juga kita lakukan di kawasan Cimalati ini, tepatnya di Sukarame. Selain perkebunan teh, area ini juga menawarkan tempat wisata berupa hutan dan area berkemah serta sebuah danau yang bernama danau Situ Sukarame. Danau yang terletak di sebelah selatan kaki Gunung Salak ini, tepatnya di Kecamatan Parakan Salak, sering didatangi para pengunjung biasanya untuk bersantai menikmati pemandangan ditemani kicauan burung-burung di pepohonan. Sekeliling danau dipagari oleh hutan damar, pinus, dan kebun teh.
Pada masa penjajahan, orang kolonial Belanda menyebutnya 'Park Under Salk' yang artinya taman dibawah gunung salak. Lalu karena salah dengar, masyarakat setempat pun menyebutnya menjadi Parakan Salak hingga sekarang.

Bagi anak-anak dan keluarga dapat menikmati Taman Rekreasi Cimalati yang menyediakan tempat bermain, kolam renang dengan airnya berasal dari sumber mata air, dan sebagai tempat piknik. Seringkalinya Taman Rekreasi Cimalati ini digunakan untuk berkumpul keluarga, reuni atau komunitas tertentu. Area indah sebagai tempat piknik yang juga memiliki kolam renang lainnya adalah di Taman Angsa.

Di kawasan ini Cimalati ini juga terdapat Wana Wisata Cangkuang yang berlokasi di desa Cidahu. Pesona alam kaki Gunung Salak dengan teras-teras persawahan dapat dinikmati dari sejumlah penginapan di atas. Pemandangan lain yang bisa dinikmati adalah Kawah Ratu, air terjun (curug) Dua Unak, Curug Sawer, Curug Aul, dan Curug Supit dengan airnya yang jernih seperti kristal. Wisata rimba di Sukabumi umumnya berupa paket war game atau paint ball, serta berburu.
Di Cikidang Hunting Resort misalnya, area ini disediakan bagi mereka yang suka berburu. Binatang liar buruan yang tersedia berupa ayam, kelinci, babi hutan, bebek dan angsa. Sedangkan bagi peminat aktivitas yang memacu adrenalin, arung jeram di Sungai Citarik bisa menjadi pilihan. Untuk berarung jeram, kita perlu menghubungi operator yang kebanyakan berlokasi di Jakarta guna mempersiapkan peralatan dan instrukturnya.



1 comments:

Wisata Indonesia said...

Very Interesting Indonesia tourism information.
Visit my website www.piknikyu.com - informasi wisata