Latest Entries »

KIDZANIA: Kotanya Anak-Anak (1/2)

Bayangkan sebuah kota dimana anak-anak bisa menghabiskan waktu luangnya dengan bermain sekaligus belajar. Kita tidak perlu was-was melepas si kecil menjelajah kota dan melakukan apapun yang dia inginkan. Tanpa perlu khawatir mereka akan tersesat atau diculik. Yang lebih mengagumkan lagi, di sana anak-anak pun bisa bekerja dan digaji. Apa ada kota seperti itu? Ada! Namanya kota KidZania.

KidZania adalah sebuah pusat rekreasi berkonsep edutainment yang unik bagi anak-anak usia 4-16 tahun dan orang tuanya. Di KidZania anak-anak memiliki hak-hak untuk mewujudkan keinginan mereka, yaitu hak untuk :
  • Melakukan Sesuatu; bisa mengekspresikan diri sendiri, menunjukkan keunikan dan mendapatkan kebebasan
  • Mengetahui Sesuatu; bisa melakukan berbagai eksperimen dalam proses mencari ilmu
  • Saling Memperdulikan; harus menunjukkan sikap saling memberi dukungan dan bersikap proaktif
  • Bermain; dapat bermain dan berinteraksi secara aktif dalam kehidupan

KidZania pertama kali didirikan pada tanggal 1 September 1999 di Santa Fe (Mexico City). Lokasi kedua dibuka di Monterrey (Mexico) pada tahun 2006. Setelah dibuka KidZania di Tokyo (Jepang) pada bulan Oktober 2006. Akhirnya KidZania tiba di Jakarta dan diresmikan pada tanggal 24 November 2007. Semenjak itu anak-anak dari berbagai bagian di Indonesia langsung membanjiri "Kota" ini setiap hari untuk mewujudkan keinginan mereka di lingkungan yang aman dan interaktif. Setelah Jakarta, pada tahun 2009 KidZania dibuka di Koshien (Jepang) dan Lisbon (Portugal), kemudian Dubai (Uni Emirat Arab) dan Seoul (Korea Selatan) di tahun 2010. Pembangunan kota-kota KidZania lainnya saat ini juga sedang dilangsungkan di Santiago (Chili), India, Shanghai (Cina), Bangkok (Thailand), Kairo (Mesir), Kuala Lumpur (Malaysia), Sao Paulo (Brazil), Kota Kuwait (Kuwait), Jeddah (Arab Saudi), dan Singapore (Singapura) untuk menciptakan dunia ideal bagi anak-anak di seluruh dunia.

Pintu masuk yang dirancang menyerupai pintu masuk bandara, mengundang perhatian anak-anak untuk segera menjelajah ke KidZania. Di pintu masuk, anak-anak dan para orangtua diberi boarding pass sebagai tiket masuk, cek senilai 50 Kidzos (mata uang yang berlaku di KidZania), peta kota yang sangat menarik, dan gelang pengaman yang memungkinkan deteksi keberadaan pengunjung oleh bagian keamanan KidZania.
Gelang pengaman tersebut dilengkapi oleh antena frekuensi serta chip id, dan hanya bisa dibuka dengan sistem khusus yang berada di meja imigrasi oleh petugas saat pengunjung akan meninggalkan KidZania. Frekuensi radio ini dapat mencegah pengunjung meninggalkan "kota" dengan bebas. Jika pengunjung keluar dari area KidZania tanpa melepaskan gelang pengamannya,
alarm akan berbunyi dan petugas keamanan akan bertindak untuk menangani situasi ini. Gelang pengaman juga telah diprogram untuk memancarkan frekuensi radio yang sama untuk setiap kelompok keluarga. Anak-anak hanya diperbolehkan dijemput oleh orang tua yang mengenakan gelang dengan frekuensi radio yang sama dengan frekuensi pada gelang anaknya. Jadi anak-anak hanya diperbolehkan meninggalkan KidZania bersama dengan orang dewasa yang mengantarkan mereka ke KidZania.

Dari pintu masuk utama, tibalah di pusat kota yang akan membuat anak-anak dan orangtua berdecak kagum. Suasananya seperti berada pada taman kota di Eropa, lengkap dengan pepohonannya. Di sekeliling taman terdapat gedung teater, salon, stasiun radio, percetakan surat kabar beserta kantor redaksinya, minimarket, dan rumah makan. Seperti juga di kota-kota lain pada umumnya, di sini juga ada jalan raya lengkap dengan lampu merahnya, hanya saja di sini keduanya dalam ukuran mini. Menyeberang jalan pun perlu memperhatikan jalanan karena ada mobil yang lalu lalang. Kota dan seluruh perlengkapan yang ada di sana, ukuran dan kemudahan pengoperasiannya benar-benar disesuaikan untuk anak-anak.
Warna-warna yang cerah mendominasi kota ini, membuat siapa pun betah berlama-lama di sana, apalagi anak-anak. Mereka juga bisa memilih dan memutuskan sendiri urutan-urutan tempat yang ingin kunjungi. Menyusuri kota KidZania, kita bisa melihat gedung-gedung lainnya. Ada bank, kantor polisi dan penjaranya, situs sejarah, pom bensin, bengkel, rumah sakit, pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi lainnya.

Naik ke lantai selanjutnya, kita tiba di kawasan industri yang berisi pabrik seperti pabrik wafer, es krim dan pengemasan air minum. Di lantai ini juga ada tempat penitipan anak, apotek beserta tempat meracik obat-obatan, dan tempat belajar memasak. Selain itu ada juga ruang tamu Urbano untuk bersantai dan membaca buku, serta dapur Vita. Urbano si Petualang, Vita si Pemikir serta Bache anjing mereka yang menyenangkan dan baik hati, adalah maskot kota KidZania. Gambar mereka akan sering ditemui di seluruh penjuru kota.



0 comments: