Latest Entries »

KIDZANIA: Kotanya Anak-Anak (2/2)

.....lanjutan dari KIDZANIA: Kotanya Anak-Anak (1/2)



Selain merupakan replika kota yang aman dan nyaman untuk tempat bermain anak, KidZania juga memiliki kelebihan lain, yaitu tempat anak-anak berlatih mandiri : mempunyai pekerjaan dan penghasilan sendiri. Di kota ini, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi. Misalnya, menjadi seorang dokter, pengacara, hakim, polisi, pilot, pekerja konstruksi, detektif swasta, arkeolog, pembalap F1, penyiar radio, penata rambut, serta lebih dari 100 jenis profesi dan pekerjaan orang dewasa lainnya.


Dengan berbagai pilihan ini, anak-anak memperoleh paparan dan pengalaman profesi sehingga mereka bisa memutuskan profesi pilihan mereka kelak. Kalau dulu anak-anak hanya bisa mengucapkan cita-cita mereka dengan lantang, di KidZania mereka bisa mencoba menjalani profesi yang mereka inginkan. Anak-anak dilatih mengerjakan segala sesuatunya secara mandiri. Kalau ternyata bosan dengan satu jenis profesi, anak-anak mempunyai kesempatan memilih dan mencoba profesi lain. Selama menjalani profesinya, anak-anak juga diperlakukan seperti layaknya orang dewasa profesional, dan dipanggil dengan sebutan Bapak/Ibu.


KidZania adalah tempat yang aman, interaktif dan memiliki unsur pendidikan yang tinggi dimana anak-anak mengenakan seragam dan melakukan peran yang mereka mainkan. Seperti juga profesi di dunia kerja yang sesungguhnya, anak-anak akan dilatih dahulu sebelum mulai bekerja. Dipandu oleh Zupervizor (instruktur), anak-anak dapat menyelami langsung dunia profesi atau pekerjaan orang dewasa yang selama ini mereka impikan, serta belajar menghargai nilai uang, seperti di dunia yang sesungguhnya. Setelah pekerjaan mereka selesai, anak-anak akan menerima gaji dalam Kidzos. Dengan demikian, selain anak-anak dapat belajar mengenal profesi, mereka juga belajar menghargai nilai uang dengan cara memilih profesi yang mereka inginkan lalu mendapatkan upah atas jerih payah mereka.
Kidzos ini bisa digunakan untuk membeli makanan dan barang atau menggunakan jasa yang ada di KidZania, bisa juga ditabung di bank untuk dipergunakan dalam kunjungan ke KidZania pada kesempatan berikutnya.


Bagi para orang tua, selain mereka dapat melihat anak-anaknya melakukan berbagai macam aktifitas, juga disediakan ruangan eksklusif di KidZania. Parents Lounge ini lengkap dengan area untuk beristirahat dan menikmati fasilitas Home Theatre, Ruang Baca, Permainan Meja dan Kartu serta area komputer dengan internet akses gratis. Selain itu, KidZania juga menyediakan beraneka ragam pilihan makanan dan minuman di restoran. Anak-anak tidak disarankan
untuk berada di area Parents Lounge ini. Jika anak-anak ingin bertemu dengan orang tua mereka, petugas akan segera memberitahu dan menjemput para orang tua mereka. Sedangkan untuk anak-anak usia 2 – 4 tahun bisa bermain di paviliun Urbano’s House, dengan lingkungan yang aman dan menyenangkan serta arena bermain yang khusus dirancang untuk mereka.


Penasaran dan tak sabar ingin mengajak anak-anak ke KidZania? Kunjungi KidZania di Pacific Place Shopping Mall lantai 6 - Kawasan Niaga Terpadu Sudirman (SCBD), JI. Jendral Sudirman Kav. 52-53 Telp. (021) 515-4888. Jam operasi KidZania untuk hari Senin s/d Kamis pada pukul 09.00 - 16.00 WIB (Durasi 7 Jam) dengan HTM Rp 50.000 hingga Rp 130.000 dan pukul 11.00 - 16.00 WIB (Durasi 5 Jam) dengan HTM Rp 50.000 hingga Rp 115.000. Sedangkan HTM untuk Jumat, Sabtu, Minggu dan Hari Libur/Besar adalah Rp 50.000 hingga Rp 115.000, dengan jam operasi pada pukul 09.00 - 14.00 WIB (Sesi 1) dan pukul 15.00 - 20.00 WIB (Sesi 2). Saat masa liburan, untuk masuk KidZania harus menyediakan dana sebesar Rp 100.000 hingga Rp 155.000.



sumber :
Panorama Magz (2007)
http://www.kidzania.co.id/

0 comments: