Latest Entries »

5 Strategi Sukses Dan Kekayaan

1. Sikap

Sikap adalah salah satu faktor penentu kesuksesan dalam setiap hal. Einstein mengatakan bahwa sikap adalah 99% penentu kesuksesan atau kegagalan seseorang. Kita semestinya mempunyai sikap yang positif dalam setiap bidang yang dilakukan, jika ingin memperoleh kesuksesan.

Apakah saat kita sedang tersadar, hendak melelapkan mata, bekerja atau apa pun juga yang sedang dilakukan, semestinya menanamkan sikap positif. Apabila suatu hal tidak menjadi seperti apa yang kita harapkan, seharusnyalah kita terus bersikap positif. Jika kita sedang terlambat bangun misalnya, janganlah kecewa. Sebaliknya, kita harus berpikiran positif dan berkata kepada diri sendiri, "Ok, hari ini saya terlambat bangun, sekarang saya perlu melakukan yang terbaik untuk hari ini".

Sebenarnya lebih mudah untuk berpikiran negatif, dan memerlukan sedikit usaha untuk berpikiran positif. Tempelkan satu catatan di atas meja, di dalam mobil, cermin di kamar mandi yang tertulis "SIKAP". Apabila kita melihat catatan tersebut, berhenti sejenak dan berpikir tentang segala hal yang sudah dilalui pada hari itu. Jika ada kalanya merasa tidak berpikiran positif, pikirkan kembali dan teruskan kerja yang sudah dilakukan.

Jika kita bersikap positif, semua hal yang dilakukan akan menjadi lebih mudah. Jika ada hal yang tidak disukai, jangan biarkan hingga berakhir. Lakukan dulu hal tersebut dan pikirkan "Saya akan melakukan pekerjaan ini sampai selesai, kemudian saya bisa melakukan pekerjaan yang saya suka!"


2. Ambil Tindakan

Hal ini merupakan satu masalah besar yang bisa terjadi pada kebanyakan orang. Mereka mempunyai ide bisnis yang baik, lalu memberitahukan kepada kawan-kawannya tentang bisnis yang hendak dimulai dan kawan-kawannya mendukung. Kemudian mereka beritahukannya lagi kepada beberapa orang lain dan akhirnya hanya menjadi sebuah pembicaraan tanpa adanya tindakan.

Jika kita mempunyai ide yang bagus, kita perlu melakukan sebuah tindakan. Kemudian apabila sudah mulai melakukan sesuatu, kita perlu mengambil beberapa lagi langkah seterusnya hingga bisa mencapai kesuksesan. Jika sekarang ini kita memiliki peluang atau ide, mungkin hal itu adalah sesuatu yang sudah lama dipikirkan. Berhenti bicara dan berpikir tentangnya, cukup LAKUKAN SAJA! Jika kita tidak mengambil tindakan, hal itu sama halnya dengan membohongi hak-hak kita untuk mencapai sebuah kesuksesan.


3. Ubah Pemahaman

Sejak dari bangku sekolah kita berpikir seperti yang selalu diberitahu oleh orang-orang dewasa, bahwa "belajar yang pandai supaya dapat pekerjaan yang baik". Semoga kita tidak keliru dengan pemahaman tersebut. Di sekolah kita memang perlu belajar tentang segala hal yang kita butuhkan, kemudian buka bisnis sendiri!

80% jutawan pada saat sekarang ini mencapai impian mereka dengan memulai bisnis sendiri. Mungkin kita sudah mengetahuinya, bahwa jika kita benar-benar menginginkan kebebasan keuangan, masa depannya adalah dengan membuka usaha sendiri. Sudah tentu bisnis sendiri menanggung resiko. Kita bisa mengurangi resiko tersebut dengan memulainya secara sampingan.


4. Tulis Apa Yang Dipikirkan

Sebaik apapun memori yang kita miliki, tak perlu kita menanggung resiko jika melupakan sesuatu yang penting. Tulis apa yang ada di pikiran kita, setidaknya supaya bisa menolong melegakan otak kita yang penuh dengan informasi. Apabila menulisnya, kita tidak perlu takut jika terlupa pada saat diperlukan.

Jika mempunyai ide, tulislah. Jika mempunyai masalah, tulislah. Apabila kita menulis suatu masalah, kita akan dapat berpikir dengan lebih jelas, dan satu waktu nanti hal tersebut dapat diselesaikan. Tehnik ini tampak mudah, tapi jika kita gunakan pasti akan melihat perbedaannya kelak.


5. Tetapkan Tujuan Dan Impian

Jika kita tidak mempunyai sasaran, maka kita tidak akan mendapat apa-apa. Kita harus mempunyai tujuan hidup, perlu tahu ke mana impian/cita-cita kita, berusaha untuk mencapainya dan senantiasa ingat akan impian kita. Banyak orang yang mungkin tidak mengerti tentang konsep ini dan berkata "impianku adalah menjadi jutawan dalam waktu 5 tahun". Tetapi apabila ditanya bagaimana cara mencapainya, mereka hanya diam saja.

Kita mesti mempunyai tujuan jangka panjang, untuk tempo 5 tahun yang akan datang. Kita perlu berusaha untuk mencapainya, kemudian tetapkan impian jangka pendek yang lebih mudah dicapai, contohnya impian setahun, sebulan dan seminggu.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for success

1 comments:

Blogger said...

You could be eligible for a complimentary $1,000 Amazon Gift Card.