Latest Entries »

ANDROID: Ibarat Rumah Dengan 5 Kamar

Google Android adalah sistem operasi open source dan juga software khusus untuk perangkat mobile. Yang membuatnya menjadi spesial adalah pengembang dapat memodifikasi perangkat lunak dengan kode mereka sendiri atau menggunakan Google Java Library.

Cara termudah untuk memvisualisasikan struktur Android adalah dengan membayangkan sebuah rumah dengan lima kamar. Rumah merupakan Android dan kamar-kamar di dalamnya mewakili lima fitur inti dalam struktur Android, yaitu Application, Application Framework, Library, Android Runtime, dan Linux Kernel. Sekarang, bayangkan masing-masing kamar menampung sejumlah orang tertentu. Setiap orang mewakili unsur ruangan itu. Ruangan yang berbeda menyimpan sejumlah orang yang berbeda juga.


Application

Ruangan pertama ini adalah semua aplikasi yang dimiliki di Android. Aplikasi utamanya adalah email client, SMS, kalender, peta, browser dan kontak telepon. Semua aplikasi ditulis dalam Java, sehingga pengembang dapat memodifikasi sebanyak yang diinginkan.


Application Framework

Pengembang memiliki akses penuh untuk API yang digunakan oleh aplikasi inti. Android dirancang agar aplikasi apapun dapat mempublikasikan kemampuannya. Salah satu hal terbaik tentang Google Android adalah bagaimana mudahnya menuliskan kode. Android memiliki serangkaian luas tampilan dan pemrograman yang jauh lebih mudah dibanding OS lain.


Library

Android memiliki satu set library inti yang menjalankan aplikasi. Seperti biasa, pengembang dapat langsung mengaksesnya. Beberapa library inti termasuk FreeType, SQLite, LibWebCore, dan SGL.


Android Runtime

Bisa dikatakan bahwa ruangan yang satu ini cukup eksklusif karena hanya memiliki dua orang yaitu Virtual Machine dan Library Core. Sebagian besar fungsi yang tersedia di Java Library Core disediakan oleh Android Runtime.


Linux Kernel

Ruangan ini berisi setidaknya Keypad, WiFi, Kamera, dan driver. Linux Kernel mengayomi semua struktur internal Android dalam satu paket. Dia seperti motor pendukung antara hardware dan software.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for Android

0 comments: