Latest Entries »

EXOTIC REJUVENATION: Memanjakan Tubuh di Saigon (1/2)

Saigon telah berganti wajah, dari ibukota perang menjadi pusat wisata. Perang telah sirna sepenuhnya. Kota ini telah melalui operasi plastik yang luar biasa sukses. Lubang-lubang bekas ranjau 'ditumbuhi' pencakar langit. Selongsong peluru 'dilebur' jadi pabrik pembuat sepatu dan pakaian. Saigon pun mengganti namanya jadi Ho Chi Minh, dan bisnis wisata tumbuh mengiringi kemajuan kota itu. Pusat-pusat spa lahir di sudut kota, sebagian besar berada dalam hotel dan resor mewah milik investor asing. Lewat tradisi rejuvenasi yang eksotis, mereka menawarkan kedamaian jiwa dan ketenangan batin. Di tanah yang pernah tersimbah luka, kedamaian tentu punya nilai yang sangat tinggi.



XUAN SPA HYATT

Xuan dalam bahasa Vietnam berarti musim semi, saat bunga-bunga bermekaran dan memberi warna pada alam. Pada saat musim semi itulah salah satu hari perayaan terpenting di Vietnam diadakan. Yakni Tet, Tahun Baru Imlek Vietnam, merupakan hari pertama yang menandai datangnya musim semi. Sebuah perayaan melambangkan pembaharuan, peremajaan dan awal baru, yang diharapkan nantinya semua kegiatan menjadi murni dan indah layaknya sebuah musim semi. Kecantikan natural itulah yang ingin diusung Xuan Spa Hyatt. Pusat spa seluas 16 ribu meter persegi ini memiliki tujuh ruang perawatan yang didesain bergaya Perancis-Indocina. Interiornya diperkaya material kayu yang bersanding dengan berbagai furnitur antik.

Berlatar belakang oleh tradisi Vietnam, Xuan Spa Hyatt terinspirasi dari esensi musim semi dan empat bunga alami yang mencerminkan pembaharuan, kesehatan dan kesejahteraan. Dimana masing-masing menawarkan jalan unik untuk sebuah awal yang baru, yaitu :
  • Mai (Apricot Blossom), rangkaian terapi pemeliharaan untuk bersantai, meringankan dan ketenangan
  • Lan (Anggrek), rangkaian terapi penyegaran untuk merevitalisasi, memulihkan energi dan memperkuat
  • Cuc (Krisan), rangkaian terapi pembaharuan untuk meremajakan, memperindah dan mencerahkan
  • Truc (Bambu), rangkaian terapi pemenuhan gizi untuk detoksifikasi, memulihkan dan keseimbangan

Rangkaian perawatan kuno dari India yang telah dipraktekkan lebih dari 2.000 tahun, Ayurvedic, menjadi andalan Xuan Spa. Mencoba sensasi Shirodhara yang mampu mengembalikan vitalitas tubuh dan pikiran, menghilangkan efek penuaan serta mengurangi stres. Perawatan selama satu jam ini menggunakan unsur minyak herbal hangat yang diteteskan ke dahi atau "mata ketiga". Bau harum minyak aromaterapinya tak hanya memanjakan penciuman, namun juga memberikan efek relaksasi yang luar biasa.

Selain rangkaian Ayurvedic, Xuan Spa juga terkenal dengan Vinchy shower-nya, yang menurut mereka sebagai yang pertama di Saigon. Vinchy shower merupakan terapi air menggunakan jet shower pada beberapa titik di tubuh yang berfungsi menyehatkan badan dan kulit. Xuan Spa terletak di lantai tiga hotel Park Hyatt Saigon dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti whirlpool, Jacuzzi, steam bath, dan kolam renang.
Park Hyatt Saigon, 2 Lam Son Square, District 1, Ho Chi Minh City (Saigon), T.84 8 3824 1234, www.saigon.park.hyatt.com/hyatt/pure/spas



LA COCHINCHINE LUXURY SPA

Nama La Cochinchine awal mulanya berasal dari nama yang diberikan untuk Vietnam Selatan pada abad ke-17 oleh orang-orang Perancis. Dulu wilayahnya meliputi dari Pulau Konchin di India Selatan hingga ke China, termasuk di dalamnya adalah Kamboja, Laos dan Vietnam. La Cochinchine diihami oleh tradisi Vietnam, Perancis, Cham dan pengaruh agama Hindhu.

La Cochinchine Luxury Spa memiliki layanan untuk memperbaiki keadaan mental dan fisik menggunakan teknik serta ramuan tradisional Vietnam, India dan Cina. Antara lain diantaranya adalah :
  • Impressing Body Care; Terapi pijat mengurangi nyeri otot dan rasa sakit, mengurangi ketegangan, meningkatkan sirkulasi, dan membantu dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan stres.
  • Proffesional Facial Care; Perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami berkualitas tinggi tanpa bahan tambahan buatan seperti anti-penuaan, anti-jerawat, retensi kelembaban, restorasi dan nutrisi.
  • Grateful Feet, Hands and Hair; Salah satunya yaitu perawatan kaki dengan manfaat sebagai penghilang rasa sakit, rangsangan organ vital, mengurangi kegelisahan, pembuluh darah, hormonal, getah bening, penyeimbangan sistem tiroid, detoksifikasi tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menghilangkan stres dan rileksasi.
  • Magical Ayurveda Treatments; Sebagai sistem holistik kuno untuk mendiagnosa serta mengobati, Ayurveda merupakan paket perawatan yang sangat dianjurkan. Metode pengobatan yang telah berumur ratusan tahun dan mungkin merupakan sistem kedokteran tertua yang dikenal manusia ini, berbasis pada keseimbangan seperti halnya konsep yin dan yang dalam pengobatan Cina. Dalam Ayurveda dikenal Dosha (pembagian tubuh) berdasarkan sifat dasarnya, yaitu udara (Vata), air (Kapha) dan api (Pitta). Ketidakseimbangan unsur tersebut akan menyebabkan penyakit.
  • Hydrotherapi & The VIP Suite; Dengan fasilitas yang terpisah antara pria dan wanita, hydrotherapi menawarkan efek detoksifikasi bagi tubuh, pembersihan polusi yang telah dihirup serta mengobati virus dan infeksi bakteri. VIP Suite menawarkan kamar spa mewah lengkap dengan kamar mandi, jacuzzi, ruang perawatan dan tempat istirahat.

La Cochinchine Luxury Spa yang ada di lantai 6 Rex Hotel ini, terletak di pusat restoran dan perbelanjaan kota Ho Chi Minh. Disamping area spa terdapat sebuah kolam renang untuk bersantai dan melihat pemandangan kota. Turun satu lantai, terdapat area kebugaran yang buka dari pukul 6:00 AM hingga 10:00 PM dan sebuah kolam renang yang lebih besar lagi. Di sepanjang tepinya terdapat La Cochinchine Bar yang menyediakan berbagai macam minuman serta makanan ringan bergizi dan lezat.
Rex Hotel, 141 Nguyen Hue Blv., District 1, Ho Chi Minh City (Saigon), T.84 8 3825 1812, lacochinchine-hcm.net



AQUA DAY SPA SHERATON

Tak sulit bagi Aqua Day Spa memikat pengunjung. Berada di lantai lima Sheraton Saigon Hotel, pusat spa ini terletak di lokasi yang sangat strategis. Tepat di tengah pusat bisnis dan hiburan Dong Khoi Street. Spa yang dikelilingi oleh kolam, sauna, pusat kebugaran dan restoran ini juga menyediakan ruangan suite bagi pasangan yang ingin menikmati spa bersama. Aqua Day Spa tergabung dalam Starwood Spa Collection yang terkenal dengan beberapa spa elitnya di 18 negara.

Perawatan yang ditawarkan terinspirasi dari tujuh pilar kehidupan yang menopang kedamaian jiwa, yakni beauty, life balance, harmony, aqua, vitality, nature, dan nutrition. Dalam paket perawatan Seven Pillar Retreat tersebut, selama hampir lima jam pengunjung mendapatkan terapi Aqua Foot Soaks, Heated Stone Massage, Anti Aging Facial Therapy dan Jet Lag Unwind Foot Care, termasuk di dalamnya teknik penyembuhan tradisional Asia memakai batu yang dihangatkan. Paket perawatan lain yang juga tak kalah menarik adalah Everlasting Paradise; yaitu perawatan selama hampir lima jam khusus untuk pasangan terutama bagi yang sedang berbulan madu, terdiri dari terapi Aqua Foot Soak, Body Polish, Body Mask, Floral Milky Jacuzzi Bath, A Selection of Cocktails in The Spa Cocktail Menu, Aromatherapy Candle Massage dan Anti Aging Facial.

Kesembilan ruangan Aqua Day Spa diperkaya oleh aksen natural seperti batu dan kayu, sementata dindingnya dicat memakai warna tanah. Unsur bebatuan juga tampak di bagian pemandian sehingga memberikan nuansa tropis yang kental serta guna menghilangkan ketegangan dan stres. Penataan ruangan di Aqua Day Spa sangat memperhatikan Feng Shui. Konon, peletakan furnitur yang tepat dipercaya bisa memunculkan energi positif yang berguna membawa pencapaian keseimbangan jiwa.
Sheraton Saigon Hotel & Towers, 88 Dong Khoi Street, District 1, Ho Chi Minh City (Saigon), T.84 8 827 2828, www.aquadayspasaigon.com/main.html



0 comments: