Latest Entries »

10 Langkah Membuat Web Page Yang Baik

1. Memiliki Tujuan
Jelaskan tujuan website dengan detil. Pastikan bahwa semua content baik halaman, grafik, teks dan lain sebagainya tetap fokus terhadap tujuan yang ingin disampaikan. Abaikan semua hal-hal yang sama sekali tidak diperlukan.

2. Ukuran Serasi
Selalu menggunakan ukuran yang kecil, supaya waktu loading grafik tidak terlalu lama. Jika memakai grafik yang besar, gunakan selalu thumbnail dan image slicing untuk minimalisasi ukuran setiap file. Sebaiknya memakai ukuran standar dalam format gif atau jpg untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan pengunjung sewaktu loading.

3. Loading Singkat
Untuk mempercepat waktu loading sebaiknya semua web page diset tidak melebihi rentang space antara 30-50kb. Angka tersebut sudah termasuk grafis, teks, navigasi dan lain-lain.

4. Tidak Ada 'Broken Image'
Untuk menghindari munculnya kode-kode aneh di situs, selalu gunakan format HTML. Jika memaksakan diri untuk menggunakan java, xml, dhtml atau format yang lain maka dikhawatirkan tampilan situs akan terlihat acak saat pengunjung menggunakan browser yang berbeda. Hal ini akan memaksa pengunjung untuk men-setting ulang agar tampilannya stabil, tapi sungguh tidak etis dan akan ditinggalkan oleh pengunjung. Juga hindarkan penggunaan kode javascript yang melebihi 200 baris untuk mengatur button pada web page.

5. 'Search Engine Friendly'
Jika ingin memperoleh rangking yang baik pada search engine, jangan gunakan frame. Situs pencari akan bingung membaca halaman yang dipenuhi oleh frame.

6. 'Visitors Minded'
Maksudnya, disain situs harus mempertimbangkan bagaimana kemampuan teknologi yang digunakan oleh target pasar. Gunakan modem berkecepatan antara 28.8 sampai 56k untuk download atau mengakses situs dengan cepat dan mudah.

7. Tidak Menyulitkan
Gunakan selalu teks atau grafik yang stagnan. Jangan biarkan mata pengunjung mengejar teks dan image yang dibuat hanya untuk mengetahui apa yang ingin dikatakan. Hindari scroll teks, marquee (teks jalan-jalan) dan animasi yang tidak perlu. Metode ini hanya akan mereduksi nilai tujuan situs.

8. Hindari 'Srolling' Kiri-Kanan
Atur web page dengan ukuran standar. Buat dengan perbandingan terbaik yaitu 800 x 600 pixel. Jauhkan pengunjung untuk harus scrolling ke samping kiri atau kanan karena ukuran terlalu lebar hingga tidak cukup ditampilkan di monitor. Semua sudah tahu bahwa lebih mudah melakukan scroll atas-bawah daripada kiri-kanan. Jangan paksakan hal ini.

9. Konsisten
Masukkan struktur navigasi standar pada semua web page. Jangan membuat tombol navigasi yang berbeda-beda pada halaman web. Standar dan konsisten. Termasuk juga warna pada alamat link. Misalnya, biru untuk hyperlink, ungu untuk link aktif dan merah untuk link yang sudah dikunjungi.

10. Menghasilkan Trafik
Kita harus bisa mengatur tampilan yang informatif pada pengunjung. Jelaskan bagaimana pengunjung bisa masuk ke situs. Bagaimana mereka pertama kali surfing dan kapan mereka pergi. Ini informasi yang sangat dibutuhkan untuk membantu strategi pemasaran yang dilakukan. Identifikasikanlah bagian-bagian situs yang perlu penyesuaian.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for web page

0 comments: