Latest Entries »

Versi ANDROID

Versi 1.0

Versi pertama Android ini dirilis 23 September 2008. Sebagai perangkat pertama, versi 1.0 punya fitur lumayan lengkap seperti download dan update aplikasi lewat Android Market. Web Browser sudah support zoom, full HTML dan XHTML. Pengguna bisa leluasa mengatur Folder untuk dikelompokan ke sejumlah ikon aplikasi ke satu ikon folder di Home Screen. Fasilitas Email menyediakan akses ke server dan mendukung POP3, IMAP4, dan SMTP, sinkronisasi dengan aplikasi Gmail. Kontak Google sinkronisasi dengan aplikasi People. Kalender Google sinkronisasi dengan aplikasi Calender. Google Maps dengan Latitude dan Street View untuk melihat peta dan citra satelit, serta memandu arah di jalan dengan menggunakan GPS. Perangkat pertama yang menggunakan aplikasi ini adalah HTC Dream.


Versi 1.1

Versi 1.1 dirilis pada 9 Februari 2009. Versi pelengkap dari versi sebelumnya ini hanya bersifat update dari versi 1.0. Beberapa fiturnya adalah fasilitas Map, pengguna bisa menambahkan detail dan konten ketika melakukan pencarian dan semisal Local Bussines bisa melihat rinciannya. Sedang untuk fitur panggilan, layar default tidak akan lagi menampilkan waktu saat menggunakan speakerphone. Pengguna bisa menyembunyikan atau menampilkan Dialpad. Pada fitur pesan pengguna bisa menyimpan Attachment. Android versi 1.1 dapat ditemukan pada T-Mobile G1.


Versi 1.6 Donut

Android ini berbasis Linux Kernel 2.6.29 yang dirilis 15 September 2009. Sejak versi 1.5, Android sudah menamakan versinya dengan jenis makanan. Update pada versi ini adalah Voice Search dan Teks Entri yang telah dipoles sehingga sudah support bookmarks dan history, kemudian Contact, Web dan beberapa Search fitur yang lain. Text to Speech, fitur multi bahasa pidato yang memungkinkan Android untuk mengeluarkan suara. Memungkinkan pencarian lebih mudah dan aplikasi Screenshot pada Android Market. Kamera, Camcorder, dan Galeri yang telah di-upgrade sehingga dapat mengakses kamera secara lebih cepat.


Versi 2.1 Eclair

Versi ini mengadopsi Linux Kernel yang sama dengan Donut, dirilis 26 Oktober 2009. Beberapa upgrade-nya adalah Email kini mendukung Exchange, penggabungan Inbox untuk browsing email dan multiple akun, support Bluetooth 2.1, hanya dengan tap kontak pengguna bisa melakukan panggilan, SMS dan mengirim email pada kontak tersebut. Pada fitur pesan, pengguna dapat mencari dengan cepat semua SMS dan MMS yang tersimpan, juga fitur auto delete pesan lama jika memori pesan telah penuh. Kamera kini telah support Flash, Zoom Digital, Scene Mode, White Balance, efek warna dan Macro. Terdapat juga upgrade pada virtual keyboard sehingga bisa mengetik lebih cepat.


Versi 2.2 Froyo

Froyo hadir berbasis Linux Kernel 2.2.32 yang resmi dirilis 20 Mei 2010. Beberapa fitur yang telah diupgrade adalah dukungan Microsoft Exchange, upgrade pada shortcut aplikasi browser, tether USB dan fungsionalitas Wi-Fi Hotspot, pilihan untuk menonaktifkan akses data melalui jaringan selular, aplikasi Android Market dengan batch dan fitur update otomatis, fitur cepat antara multiple keyboard bahasa dan kamus. Panggilan suara dan share kontak melalui Bluetooth, dukungan untuk password numerik dan alfanumerik, dukungan untuk upload file lewat aplikasi Browser. Dukungan untuk menginstal aplikasi ke memori eksternal dan dukungan Adobe Flash.


Versi 2.3 Gingerbread

Android versi 2.3 ini dirilis 6 Desember 2010. Dengan berapa upgrade antara lain pengguna bisa melakukan panggilan via internet untuk telepon VoIP SIP, Virtual Keyboard menjadi lebih cepat, lebih intuitif ke input teks, akurasinya telah diperbaiki juga didukung modus suara input. Pada fitur Copy/Paste pengguna cukup menekan dan tahan untuk memilih kata, menyalin, serta meletakkannya di tempat yang diinginkan. Near Field Communication memungkinkan pengguna membaca Tag NFC yang bisa tertanam dalam iklan poster atau stiker. Pada audio terdapat efek baru seperti Reverb, Equalization, Virtualisasi Headphone, dan Boost Bass. Manajemen daya telah diperbaiki untuk lebih efektif dalam mengelola aplikasi dan menjaga perangkat aktif lebih lama. Download Manager memberikan pengguna akses mudah ke file download, Browser, Email atau aplikasi lain. Juga tersedia akses ke beberapa kamera pada perangkat, termasuk kamera sekunder jika tersedia.


Versi 3.0 Honeycomb

Honeycomb menggunakan Linux Kernel 2.6.36 yang dirilis 22 Februari 2011. Android 3.0 ini hanya untuk tablet, dan tablet pertama yang menggunakannya adalah Motorola Xoom. Beberapa pengembangan di dalamnya adalah dukungan virtual yang baru dengan UI Holographic. Akses cepat ke notifikasi, status, dan tombol navigasi yang lembut tersedia di bagian bawah layar. Akses ke pilihan kontekstual, navigasi, widget atau dari konten terdapat di bagian atas layar. Dengan hanya menekan Apps di Bar System, pengguna bisa melihat Snapshot Task dan bisa melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lain secara cepat. Keyboard telah disempurnakan, bisa lebih cepat untuk memasukkan teks dan akurat pada ukuran layar yang lebih besar. Multiple Tab mengganti jendela browser, dan mode baru “incognito” memungkinkan browsing anonymous.


Versi 3.1

Android 3.1 tidak begitu banyak update, hanya penyempurnaan untuk membuat user interface yang lebih intuitif dan efisien. Transisi UI pada seluruh sistem dan seluruh aplikasi standar telah diperbaiki. Animasi Launcher dioptimalkan untuk transisi lebih cepat dan halus. Penyesuaian warna, posisi, dan teks membuat elemen UI lebih mudah untuk dilihat, dipahami, dan digunakan pengguna baru. Aksesibilitas di-upgrade untuk mendapat umpan balik lebih konsisten sepanjang UI dan pengaturan baru. Navigasi ke dan dari lima Homescreen lebih mudah, cukup sentuh tombol Home di Bar System akan membawa pengguna ke Homescreen yang paling akhir digunakan.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for Android

0 comments: