Latest Entries »

WINTERTIME: Melancong ke Tiga Negara Musim Dingin (3/3)

.....lanjutan dari WINTERTIME: Melancong ke Tiga Negara Musim Dingin (2/3)



HARBIN: Kota Es

Mungkin agak sulit membayangkan ada sebuah gereja ortodoks Rusia menjadi pusat kota di Cina, tapi itulah yang terjadi di Harbin, sebuah kota sub-provinsi dan ibu kota Provinsi Heilongjiang di timur laut Cina. Satu abad yang lalu, Rusia membangun jalur kereta api untuk menghubungkan Vladivostok dan Harbin. Hal ini memberi pengaruh sekaligus bukti keberadaan Rusia di kota ini masih terasa sangat kuat hingga sekarang. Selain terkenal dengan julukan 'Mutiara di Leher Angsa' karena bentuk Heilongjiang yang menyerupai seekor angsa, Harbin juga dikenal sebagai 'Kota Es' karena musim dinginnya yang panjang dan dingin.

Gereja St. Sophia, yang merupakan gereja ortodoks terbesar di wilayah Timur Jauh, adalah salah satu hal yang wajib dikunjung saat di Harbin. Gereja yang bangunan awalnya terbuat dari kayu ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Termasuk memperkuat bangunan dengan dinding batu dan memperbaharui muralnya yang sempat pudar habis. Mural yang dulu berlukiskan gambar antik khas Rusia, sekarang melukiskan sejarah arsitektur Harbin. Meskipun begitu, kubah utama bangunan ini tetap dipertahankan bentuknya. Dan setelah pemerintah Harbin merenovasinya, gereja St. Sophia yang nama aslinya berarti 'Kebijaksanaan Tuhan' ini memperoleh nama baru Harbin Art Gallery.

Jika berjalan tidak jauh dari gereja akan tiba di Zhongyang Dajie, jalan utama dengan deretan pertokoan dan rumah makan di sepanjang area Daoliqu. Pengaruh arsitektur Rusia tampak dari bangunan gereja-gereja ortodos di sekitar area ini. Pemandangan bangunan dengan arsitektur antik dan ornamen khas Rusia dapat dinikmati di sini. Tidak heran jika Harbin dikenal juga sebagai Oriental Moscow. Berjalan di area ini lebih terasa seperti berjalan di Rusia, bukan di wilayah China, dan ini bukan hanya karena bangunannya. Sebagian besar penduduk berdarah Kaukasia yang tinggal di Harbin adalah orang Rusia asli. Sejak dibukanya hubungan ekonomi antara China dan Rusia, bisnis dan pariwisata berkembang dengan baik. Itu sebabnya banyak orang Rusia yang tinggal di Harbin.

Selain mengunjungi Dragon Tower yang merupakan menara pemancar siaran televisi milik provinsi Heilongjiang, Siberian Tiger Park dapat menjadi tujuan wisata berikutnya. Taman yang berada di sisi utara sungai Song Yang ini memang khusus disiapkan untuk menjaga habitat harimau Siberia yang hampir punah. Di taman ini terdapat 500 harimau Siberia dan 100 diantaranya dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Dengan pemandangan yang memukau, tempat ini cocok dijadikan tujuan ecotourism, kegiatan yang pas untuk dilakukan bersama keluarga. Di tempat ini juga menyediakan bebek, ayam, bahkan sapi yang bisa dibeli jika berminat ikut memberi makan binatang buas yang cantik itu. Kita bisa melihat mereka ini dimangsa oleh para predator, karena ini memang atraksi yang ditawarkan di sini. Sebagai bonus, kita juga bisa melihat harimau putih, kucing hutan, macan tutul dan macan kumbang.

Terletak di sudut utara sungai Songhua, terdapat Sun Island yang merupakan taman dikelilingi oleh air biru jernih, bunga-bunga indah, bebatuan alam dan bangunan-bangunan menarik. Area ini terbagi atas tiga bagian, dengan dunia binatang di bagian utara dan barat. Bagian tengah taman yang berdanau dipenuhi bunga dan saiju membentuk pemandangan menakjubkan. Sedangkan di sebelah selatan adalah pemandangan bernuansa Rusia dengan sebuah galeri seni yang indah bernama Sun Gate. Galeri yang memiliki lima gerbang putih ini berdekatan dengan taman bunga yang terbagi menjadi dua belas bagian sesuai tanda zodiak. Jika berjalan searah jarum jam dari utara ke selatan, pasti dapat menemukan zodiak kita masing-masing. Dua belas pohon cengkehnya biasanya mulai berbunga dan banyak dihinggapi burung-burung dari bulan Mei hingga Juli.

Di area untuk binatang yang dilengkapi dengan gua buatan dan air terjun, terdapat tiga zona. Yang pertama adalah Deer Garden, yang pemandangannya seperti di lukisan. Selain sebagai tempat rusa-rusa bermain bersama kelompoknya, disini juga terdapat taman bermain anak lengkap dengan seluncur, ayunan, dan labirin. Zona kedua adalah Squirrel Island, tempat dimana kita dan keluarga bisa memberi makan para tupai. Kemudian yang terakhir adalah Swan Lake, tempat untuk menyaksikan beragam jenis angsa dan burung air. Suasananya yang begitu nyaman, membuat area ini serupa dengan surga para hewan.
Di musim panas dengan udaranya yang cukup sejuk, taman ini menjadi tujuan untuk menghindari sengatan matahari. Sedang di musim dingin, lokasi ini menjadi surga bagi para pemburu area bersalju. Setiap tahunnya di sini diselenggarakan Harbin International Snow Sculpture Art Expo, memamerkan pahatan es serta salju yang luar biasa dan menarik ribuan pengunjung.

Jika ingin mencoba kegiatan yang lebih dari sekadar jalan-jalan, ada Yabuli International Ski Resort yang berlokasi di Yabuli Winding Village. Lokasi ini terletak 200 km sebelah timur Harbin, dengan pegunungan yang tinggi dan limpahan salju. Tempat ini terbagi atas dua bagian, area untuk kompetisi ski dan area untuk bermain. Selain bermain ski, kita juga bisa melakukan kegiatan lain, seperti golf, tenis, serta paralayang. Karena ketinggian tempat ini, temperaturnya bisa mencapai -44 derajat Celcius dengan salju yang turun dalam periode cukup lama, yaitu sekitar 170 hari. Oleh karena itulah Yabuli menjadi salah satu tujuan favorit penggemar ski. Waktu paling tepat untuk mencoba ski di sini adalah antara bulan November dan Maret.

Untuk permohonan visa Cina, biayanya berbeda-beda menurut layanan yang dibutuhkan. Biaya normal untuk visa sekali masuk dengan waktu proses normal 4 hari kerja berkisar Rp 300.000. Apabila dibutuhkan pengambilan visa pada hari yang sama atau proses cepat (Super Kilat), akan dikenakan biaya tambahan Rp 300.000 dengan memperlihatkan tiket pesawat untuk hari yang bersangkutan atau hari berikutnya (permohonan visa yang diajukan sebelum pukul 11.30 pagi dapat diambil antara jam 3 sampai jam 4 sore pada hari yang sama). Sedangkan jika pengambilan visa keesokan hari atau lusa cuma dikenakan biaya tambahan Rp 200.000.




sumber :
Panorama Magz (2007)
http://en.wikipedia.org/
http://www.myswitzerland.com/
http://www.turistik.ro/
http://www.ifjungo.ch/
http://www.zurich.ibm.com/
http://www.jungfrau.ch/
http://www.panoramio.com/
http://www.onthegotours.com/
http://www.trekearth.com/
http://moscowdailyshot.blogspot.com/
http://mosday.ru/
http://www.moscow.info/
http://www.jingdaily.com/
http://www.sylvyou.net/
http://www.chinatravelcompass.com/
http://www.yabuliski.com/






Search Amazon.com for WINTERTIME

0 comments: