Latest Entries »

Menu Lezat Musim Dingin (1/3)

SWISS: Keju dan Keju

Negeri berbendera palang putih ini terkenal akan produksi kejunya, dengan ragam jenisnya yang bahkan mencapai 450 macam. Yang terkenal adalah keju jenis Emmental, Gruyere, Appenzell dan Sprinz. Tidak heran kalau keju jadi bagian yang sangat penting dari kuliner Swiss.

  • Fondue
    Sebenarnya fondue merupakan hidangan istimewa di musim dingin. Namun karena sangat populer, banyak tempat yang menyajikannya sepanjang tahun. Pada dasarnya fondue adalah keju yang dicairkan, kemudian dibumbui bawang putih dan anggur putih untuk menajamkan rasa. Rasa fondue bisa agak berbeda dari satu tempat ke tempat yang lain, karena masing-masing mempunyai resep rahasia dengan mencampurkan beberapa jenis keju serta bumbu-bumbu lain. Semuanya sedap!
    Cara menyantap fondue adalah dengan mencelupkan potongan kecil roti yang ditusukkan ke garpu panjang. Tiap potongnya cukup untuk sekali suap, dengan cara memutar garpu supaya salur keju sempurna menempel pada roti. Setelah tidak terlalu panas, potongan roti yang sudah tertutup keju itu siap disantap. Sebagal selingan, bisa juga dicelupkan potongan apel, pear, atau olive yang sudah dibuang bijinya.
    Fondue tidak bisa dinikmati dengan terburu-buru. Paling menyenangkan menyantap fondue bersama keluarga atau kelompok kecil sahabat,
    sambil menikmati hangat perapian dan memandang salju dari jendela. Sebagai minuman pendampingnya, anggur putih sangat cocok dihidangkan.
    Selain fondue dengan bahan dasar keju, ada juga fondue bourguignon yang disantap dengan mencelupkan potongan daging ke dalam minyak panas dan fondue chinois yang berupa daging dicelupkan ke dalam kuah kaldu panas berbumbu herbal. Biasanya anggur merahlah yang dihidangkan sebagai pendamping fondue bourgignon dan chinois.

  • Raclette
    Makanan khas dari wilayah Valais ini berupa roti, kentang, daging, tomat, jamur, atau acar yang dioleskan dengan lelehan keju panas. Pada awalnya, para penggembalalah yang menciptakan makanan dari keju raclette ini. Mereka membawa keju selama menggembala, dan di malam hari menyantapnya sambil mengelilingi api unggun. Keju yang digunakan berasal dari susu sapi yang difermentasi tidak lebih dari enam bulan. Dengan fermentasi itu, aroma keju sudah cukup terbentuk namun masih mudah leleh ketika dipanaskan. Untuk menemani raclette, teh hangat menjadi pilihan selain anggur putih. Konon, air putih tidak disarankan untuk diminum bersama raclette, karena dapat mengganggu proses dicernanya keju.

  • Rosti
    Rosti cocok bagi yang menyukai makanan cepat santap. Hidangan yang pada dasarnya berupa kentang goreng ini, diolah dengan keju, telur, tomat, atau daging. Kemudian digoreng dengan mentega atau minyak zaitun hingga sisi permukaannya agak kering. Aroma keju yang meleleh ketika dipanaskan sangat menggugah selera. Pada awalnya, rosti dihidangkan untuk makan pagi, namun dengan beragam isinya cocok juga untuk makan siang.

  • Basler Läckerli
    Biskuit khas Basel yang berbahan dasar tepung dan madu ini mempunyai bentuk tebal dan kenyal. Dengan beragam bumbu rempah yang membuatnya harum dan beraroma hangat, biskuit cokelat ini tidak terlalu legit namun dijamin tak akan bisa berhenti untuk menyantapnya. Konon basler läckerli diciptakan 700 tahun yang lalu oleh pedagang rempah-rempah untuk diperdagangkan. Selain bisa disantap sebagai makanan penutup, basler läckerli bisa juga menjadi hidangan untuk menemani teh atau kopi. Pas di lidah!

  • Minum Cokelat Hangat
    Kopi memang minuman yang sangat populer di Swiss. Namun sebagai negeri penghasil utama cokelat, minuman cokelat hangat adalah salah satu yang wajib cicip. Rasa cokelatnya yang kental sangat nikmat diminum walau hanya dengan sedikit gula. Bisa juga ditambahkan susu atau malt sebagai teman sarapan.







0 comments: