Latest Entries »

Menu Lezat Musim Dingin (3/3)

.....lanjutan dari Menu Lezat Musim Dingin (2/3)



CINA: Tradisi Dalam Hidangan

Keragaman masakan Cina sangat terkenal di seluruh dunia. Perbedaan daerah, hasil bumi, iklim, sejarah, serta kebiasaan makan dan minum yang khas ikut menambah keunikan jenis makanan serta citarasa kuliner Cina yang tidak ada bandingannya. Meskipun kita dapat menemui masakan Cina di Indonesia, menikmati masakan khas di negeri asalnya akan memberikan sensasi yang berbeda. Coba saja!

  • Beijing Roast Duck
    Bebek panggang Beijing (Beijing roast duck) atau yang lebih dikenal sebagai Bebek Peking merupakan makanan khas Beijing yang biasanya disajikan satu porsi untuk enam orang. Potongan bebek panggang ini dikemas dalam dadar tipis dengan bawang bombay atau perai, mentimun, turnip (sejenis lobak) dan saus plum. Sesuai selera, sisa daging dapat ditumis dengan kacang-kacangan. Tulangnya ditambahkan dengan kol untuk dijadikan sup yang lezat. Sedangkan kulitnya yang garing jadi bagian yang paling banyak diperebutkan.

  • Dimsum
    Makanan yang satu ini sangat terkenal di dunia internasional. Sesuai dengan namanya, Dim Sum yang berarti menarik hati, berbentuk mungil dan cantik serta memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera. Para koki kekaisaran biasanya berlomba-lomba menyajikannya dengan bentuk yang semenarik mungkin karena dimsum biasanya dinikmati oleh keluarga Kaisar sebagai teman minum teh di pagi hari.
    Cara memasak penganan ini ada dua macam yaitu dengan dikukus dan digoreng. Rasanya gurih-asin dan asam-manis dilengkapi dengan kecap atau saus khusus untuk menikmatinya. Jenisnya pun beragam, mulai dan telur gulung goreng, kue bola berisi daging, udang rebus, lumpia, turnip cake, dan masih banyak lagi lainnya. Di Cina sendiri, dimsum yang berupa penganan-penganan kecil berisi bahan-bahan segar seperti daging, sayuran, seafood, atau kacang-kacangan ini banyak tersedia di kedai-kedai teh kecil dan disajikan bersama teh pahit Cina.

  • Tofu
    Meskipun 'tahu' bukan makanan unik, namun makanan yang berasal dari kacang kedelai ini merupakan makanan asli Cina. Di negeri ini, salah satu olahannya yang khas adalah Ma Po To Fu. Yaitu orak-arik 'tahu' dengan saus yang pedas, daging ayam dengan aroma yang khas, berikut buncis rebus dengan potongan kecil daging babi dalam saus bermerica, serta ikan tawar yang dipanggang kering.
    Biasanya 'tahu' menjadi jamuan pembuka, karena dalam tata cara jamuan Tiongkok di awal selalu disediakan makanan dingin yang berupa irisan daging dingin, 'tahu', daging dan tepung, asinan sayur, atau telur seribu tahun. Makanan-makanan dingin ini kemudian disusul dengan makanan-makanan panas yang merupakan menu utama.

  • Masakan Eksotik: Ular dan Sarang Burung
    Daging ular lumayan mendapat tempat di Cina, bukan karena rasanya yang lezat tapi manfaatnya untuk kesehatan. Bagi yang pernah mencobanya, rasa daging ular persis seperti daging ayam. Daging ular baik disantap di musim dingin karena dapat memanaskan tubuh. Menyantap daging ular juga diyakini dapat menyembuhkan rematik. Masakan yang berbahan daging ular dan sarang burung mengandung nutrisi tinggi, meskipun banyak juga yang tidak yakin dengan khasiat dari masakan tersebut.
    Sejak dulu, para leluhur Cina sudah tahu betul hubungan antara makanan dan kesehatan. Para ahli masak dari Cina mempelajari teori pengobatan tradisional dan menemukan berbagai jenis tumbuhan obat. Selain kedua daging tadi, makanan yang biasa dipakai untuk pengobatan di antaranya adalah sup ayam biji teratai, udang mutiara, kepiting, bebek kecap dan daging babi cincang yang dimakan bersama roti bundar.

  • Aneka Sup
    Kebalikan dengan di Barat, sup merupakan hidangan penutup di Cina dan makanan-makanan manis jadi hidangan pembuka. Menurut kepercayaan di Cina, akan lebih sehat jika menyantap makanan manis dulu baru yang asin. Sup dalam tradisi Tiongkok asli juga tidak harus berisi banyak daging, kadang kuah kaldu saja sudah cukup untuk jadi sup yang lezat. Selain itu juga biasa dimasukkan adonan telur atau sayur-sayur dan jamur. Kalaupun ada daging, biasanya sedikit saja. Dua sup Cina yang paling terkenal adalah sup sirip hiu dan sup sarang burung yang kental. Kekentalannya berasal dari bahan utama, sirip hiu dan sarang burung yang direbus selama berjam-jam. Kekayaan citarasanya sering dibuktikan oleh banyaknya orang yang berburu masakan unik ini, walaupun harganya cukup mahal.
sumber :
Panorama Magz (2007)
http://londoneats.wordpress.com/
http://www.lafondue.org/
http://www.metro.ca/
http://www.chine-informations.com/
http://www.letrip.org/
http://www.saison.ch/
http://globalgumshoe.com/
http://www.jacks.ru/
http://romantic-online.com/
http://www.epochtimes.com/
http://www.chinatourguide.com/
http://www.vegetariansrecipes.org/
http://kaleidoscope.cultural-china.com/

0 comments: