Latest Entries »

Penyakit Kulit Hilang, Liburan Tenang

Semua pasti mengangguk setuju bahwa liburan adalah momen yang menyenangkan. Terlebih saat melakukannya di negeri sendiri yang menawarkan keelokan alam dan keunikan budaya yang tiada tara. Tapi dengan iklim tropis dan cenderung panas yang dimiliki Indonesia dapat menimbulkan masalah pada kulit, yang bila terserang, pastinya akan mengganggu liburan ataupun pasca liburan kita. Inilah beberapa rekomendasi untuk mencegah datangnya masalah pada kulit akibat jamur.



  • Kenakan pakaian berbahan katun dan longgar saat melakukan perjalanan. Bahan jenis katun dapat menyerap keringat lebih baik. Sedangkan busana yang longgar akan mengurangi friksi (gesekan) yang berlebihan pada tubuh dan menghindari lecet di kulit.

  • Bersihkan tubuh atau mandi secara teratur, dua kali sehari. Keringkan tubuh secara sempurna hingga bagian lipatan-lipatan kulit seperti ketiak, serta paha dan bagian tersembunyi lainnya.

  • Gantilah pakaian, termasuk pakaian dalam, minimal 2 kali sehari dan kaus kaki setiap delapan jam setiap hari. Apalagi saat cuaca sedang panas atau setelah menikmati ragam wahana di waterpark, mengikuti rafting, caving atau aktivitas lain yang membuat tubuh berkeringat atau pun basah. Pakaian dan kulit yang lembab adalah lahan 'subur' bagi jamur untuk berkembang biak.

  • Waspadai gejala "aneh" yang terasa dan muncul pada kulit (memerah, bersisik, terjadi penebalan) yang disertai rasa gatal. Bisa jadi, kita telah terserang jamur.

  • Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang kerap diserang jamur. Bila kaki kita mulai menyebarkan aroma yang kurang sedap, gatal dan bau, kulit di antara jari kaki terkelupas, meradang, terdapat kulit mati dan benwarna putih, lembab dan melepuh, berarti kita mengalami athlete’s foot alias penyakit kulit yang diakibatkan jamur dan bakteri.

  • Bila gejala itu makin terasa, segera kurangi dan hilangkan dengan bedak atau krim anti jamur, sebanyak dua kali sehari setelah mandi.

  • Perlu diingat, masalah kulit akibat jamur juga dapat menular dengan cara yang beragam. Mulai dari kontak langsung, sisir, bantal, handuk atau benda lain yang tidak steril.

  • Bila gejala makin meradang, segera periksakan ke dokter kulit kepercayaan. Jangan malu karena masalah ini bisa dialami siapa saja dan di mana saja.



[ dikutip dari berbagai sumber ]

0 comments: