Latest Entries »

GIANT FERRIS WHEEL: Rekreasi Satu Sapuan Mata

Kota-kota di dunia berlomba mendirikan kincir observasi terbesar. Solusi bagi turis yang ingin melihat pemandangan kota dalam satu sapuan mata. Tiap kota memiliki ikonnya masing-masing yang membuamya mudah diingat. Paris memiliki Menara Eiffel, Kuala Lumpur punya Menara Kembar Petronas, dan New York bangga dengan Patung Liberty-nya. Meski begitu, ada ikon yang tampak serupa di banyak kota, yakni kincir observasi. Jika dulu kita hanya mengenal London Eye dan Sky Dream Fukuoka, kini ada Belfast Wheel, Singapore Flyer dan Southern Star Melbourne.

Roda-roda besi ini jadi atraksi wisata bagi turis yang ingin melihat pemandangan kota dari udara. Yang membedakan tiap kincir tersebut adalah bentuk kapsul dan ukuran diameter rodanya. Cina kini sedang membangun kincir terbesar di dunia Great Beijing Wheel yang diameternya setara panjang dua lapangan sepakbola. Tapi bagi para turis, ukuran tidaklah jadi soal. Yang penting adalah perasaan ketika melihat pemandangan di luar. Jika kincirnya super besar namun pemandangannya buruk, siapa pun tak akan betah berlama-lama menaikinya.



SINGAPORE FLYER

Resmi dibuka untuk umum pada 1 Maret 2008, kincir observasi setinggi 165 meter atau setara dengan gedung bertingkat 42 ini merupakan yang tertinggi di dunia -setidaknya sampai Januari 2012. Berdiri megah di Marina Bay Singapura, setiap putarannya menawarkan pemandangan sampai ke Indonesia dan Malaysia. Singapore Flyer memiliki 28 kapsul kaca yang masing-masingnya dibungkus lapisan ultraviolet dan dilengkapi AC, jadi tetap sejuk meski dinaiki di siang bolong. Kapasitas tiap kapsul mencapai 28 orang.

Kapsul Singapore Flyer juga bisa disewa. Misalnya untuk acara pesta, peluncuran produk atau sekedar makan siang. Jika ada yang hendak melamar pasangan saat makan malam, kapsul ini mungkin juga bisa jadi opsi yang menarik. Bayangkan sensasi romantis saat memasukkan cincin ke jari pasangan di atas udara. Seandainya ditolak, setidaknya masih ada pemandangan indah yang bisa dinikmati di luar sana. Harga sewa kapsul untuk makan siang per pasangan adalah $191,89 dan $207,3 untuk makan malam, dengan durasi selama dua kali putaran atau sekitar satu jam. Sedangkan harga sewa kapsul pribadi di akhir pekan adalah $1.156 per putaran. Jika ingin menambah putaran cukup membayar $578 per satu putarannya.
30 Raffles Avenue, Singapore 039803; T. 65 6333 3311; www.singaporeflyer.com; daily flights: 8.30am – 10.30pm; ticket: $22,73



LONDON EYE

Yang pernah menonton film James Bond atau If Only pasti ingat dengan London Eye. Kincir observasi yang dibangun selama tujuh tahun ini sangatlah popuier. Sejak beroperasi pada Maret 2000 sudah 3,5 juta orang menaikinya, atau sekitar 10 ribu orang per hari.
Tingginya yang menjulang 135 meter ke angkasa memungkinkan pengunjung menyaksikan pemandangan kota London sejauh 40 kilometer. Hampir semua obyek wisata terlihat, termasuk Big Ben. St. Paul’s Cathedral, Istana Buckingham, serta atap Istana Windsor. London Eye memiliki 32 kapsul, yang masing-masingnya sanggup memuat 25 orang. Kita harus meluangkan cukup waktu di sini sebab kincir ini berputar dengan kecepatan 26 centimeter per detik. Butuh waktu 30 menit untuk mengarungi satu rotasi penuh.
Riverside Building, County Hall, Westminster Bridge Road, London SE1 7PB, England; T. 44 870 990 8883; www.londoneye.com; daily flights: 10.00am – 9.00pm; ticket: $26,39



THE SOUTHERN STAR

Dinamakan Southern Star karena jari-jarinya berbentuk bintang. Berada pada ketinggian 120 meter di langit kota Melbourne, kincir observasi ini menawarkan panorama 360 derajat sejauh 40 kilometer, dari Port Philip Bay hingga ke Geelong. Melihat tingginya, ia memang kalah dibanding Singapore Flyer atau London Eye. Tapi Southern Star punya daya tarik lain, yakni permainan cahaya dan jajaran lampu LED sepanjang 3,7 kilometer yang mampu menghasilkan sekitar 20 juta kombinasi warna. Southern Star mempunyai 21 kapsul dengan daya angkut 20 orang per kapsul. Kincir yang juga dilengkapi oleh toko suvenir dan kafe ini, terpaksa harus ditutup sementara pada Januari 2009 lalu guna perbaikan karena adanya beberapa retakan yang muncul.
Ground Floor, 101 Waterfront Way, DOCKLANDS Melbourne VIC 3008, Australia; T. 61 3 8688 9688; www.thesouthernstar.com.au



sumber :
JalanJalan Magz (2009)
http://en.wikipedia.org/
http://www.singaporeflyer.com/
http://manilenio.com/
http://www.londoneye.com/
http://www.flickr.com/photos/cornflake81/
http://www.specialevents.com.au/
http://www.mostbeautifull.net/

0 comments: