Latest Entries »

JUAL: DVD Turtles Can Fly

Judul : Turtles Can Fly
Pemain : Soran Ebrahim, Avaz Latif, Saddam Hossein Feysal
Produksi : Mij Film Co. & Bac Films
Tahun : 2004
Subtitle : English, Indonesian - 1 disc
Berat : 0,4 kg
Kondisi : 95% 2nd - original, eks koleksi pribadi, keping mulus
Harga : SOLD OUT!!
Deskripsi :
Duration : Approx. 95 mins.
Language : Kurdish
Sutradara asal Iran, Bahman Ghobadi muncul dengan karya menggugah, Turtles Can Fly. Film ini bercerita tentang pergolakan jiwa pengungsi yang menderita akibat perang berkepanjangan. Pengalaman yang diasah Bahman Ghobadi ketika membuat 2 film sebelumnya, A Time for Drunken Horses dan Marooned, membuat sentuhannya di film ketiga ini terasa lebih tajam dan kuat. Terutama dalam angle menangkap inti kehidupan. Hal ini membuat Turtles Can Fly muncul sebagai film menyentuh, hidup dan penuh makna.
Film yang mengambil lokasi syuting di pedesaan terpencil ini, berusaha mengungkap ironi yang dirasakan anak-anak pengungsian, yang dipaksa keadaan untuk bersikap dewasa, bertanggung jawab dan memikirkan kelangsungan hidupnya sendiri. Salah satu dari anak-anak itu adalah Satellite, seorang bocah yang ditunjuk teman-temannya sebagai juru bicara saat bernegosiasi dengan orang dewasa. Dikisahkan bahwa Satellite cs adalah kumpulan bocah-bocah yang mencari makan dengan cara menjinakkan medan ranjau dan menjual bom kepada penadah. Julukan Satellite sendiri muncul, karena bocah ini kerap membantu warga membetulkan antena TV agar para pejuang dapat terus memantau berita terkini, tentang langkah-langkah yang diambil musuh.
Namun perang ternyata memunculkan realitas yang terlalu pahit untuk dicerna oleh Satellite. Film ini sama sekali bukan film perang, melainkan lebih menjadi film yang kuat dan potret yang menikam jiwa mengenai korban-korban yang tidak berdosa dalam sebuah peperangan. Film ini adalah tentang manusia-manusia yang bertahan hidup di dalam pengungsian. Tidak ada pembentukan opini yang pretentious, karena setiap karakter di film ini terlalu sibuk untuk bertahan hidup di dunia yang tak menyisakan tempat bagi mereka.
Film yang berhasil meraih Best Film 2004 di Festival Film Internasional San Sebastian, Golden Prometheus Best Film 2005 di Festival Film Internasional Tbilisi, Best Feature Film & Peace Film Award 2005 di Festival Film Berlin, International Jury and Audience Award 2005 di Festival Film Internasional San Paulo, Audience Award 2005 di Festival Film Internasional Rotterdam dan Special Jury Award 2005 di Festival Film Internasional Chicago ini menjadi pengingat yang liris tentang kejahatan dan derita manusia di dalam perang.


click image to enlarge

0 comments: