Latest Entries »

Serangga-Serangga Unik & Mengagumkan di Dunia (1/2)

1. Serangga Tercantik: Sunset Moth dari Madagaskar
Sayap serangga ini tidak memiliki pigmentasi apapun! Warna yang terlihat sebenarnya merupakan pembiasan dari cahaya oleh mikrostruktur pita, yang bagaikan sisik menutupi seluruh bagian sayap. Ngengat ini aktif di siang hari, sementara sebagian besar ngengat dalam suku atau familia yang sama aktif di malam hari. Mereka adalah hewan asli di Madagaskar dan Amerika Selatan. Sayapnya dapat berubah warna dari biru ke hijau keemasan kemudian menjadi kuning saat melihatnya dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itulah kupu-kupu ini sangat diburu oleh para kolektor.


2. Semut Paling Berbahaya: Black Bulldog Ant of Australia
Kita semua pasti pernah melihat semut dan mengenalnya sebagai hewan yang tidak berbahaya, tapi ada pengecualian untuk yang satu ini. Menurut literatur, Black Bulldog Ant diketahui pernah membunuh manusia. Mereka berwarna coklat gelap dan hitam di bagian perut. Semut yang merupakan jenis paling primitif dan sangat agresif ini, memiliki panjang sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 5 cm. Sesuai dengan namanya, semut ini hanya ditemukan di Australia dan memiliki gerakan yang sangat cepat.


3. Serangga Terbang Tercepat: Horse Fly
Serangga ini dapat terbang dengan kecepatan 145 km per jam. Horse Fly juga memiliki kontrol dan manuver yang sangat baik di udara. Mereka dapat berbelok dan berganti arah secepat kilat. Walaupun dapat bergerak dengan cepat, serangga ini tidak bergantung pada kecepatannya untuk menangkap mangsa. Mereka sudah memperkirakan sebelumnya, kemana arah tujuan terbang dan apa yang akan dilakukan. Selain itu Horse Fly juga memiliki mata yang sangat besar, bahkan mungkin yang terbesar dari semua serangga yang ada, dengan sudut penglihatan hampir 360 derajat!


4. Serangga Terberat: Goliath Beetle
Tidak hanya berat, serangga ini juga memiliki bentuk tubuh yang besar. Mereka termasuk dalam suku atau familia scarab beetle, yang mana terdiri dari 30.000 spesies dan menurut para ilmuwan masih ada banyak lagi spesies dalam familia ini yang belum ditemukan. Spesies ini pertama kali muncul lebih dari 300 juta tahun yang lalu, dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan merupakan faktor penyebab spesies ini masih bisa bertahan begitu lama. Goliath Beetle suka makan tumbuh-tumbuhan mati dan memiliki ukuran tubuh 5 cm sampai dengan 11 cm dengan berat 85 gram hingga 100 gram. Kumbang ini memiliki peran penting dalam ekosistem sebagai dekomposer bagi lingkungan.


5. Serangga Paling Mengganggu: No-See-Um
Serangga ini merupakan lalat dengan ukuran sangat kecil yang berkumpul dalam sebuah kelompok dan terbang dengan arah tidak jelas. Mereka dapat melewati celah-celah pintu atau jendela. Biasanya hidup di tempat yang ada sumber airnya. Hanya betina yang menggigit dan mengisap darah untuk mendapatkan protein guna membesarkan telur-telurnya.



0 comments: