Latest Entries »

Serangga-Serangga Unik & Mengagumkan di Dunia (2/2)

.....lanjutan dari Serangga-Serangga Unik & Mengagumkan di Dunia (1/2)



6. Serangga Terpanjang: Giant Stick Insect
Panjang Giant Stick Insect mencapai sekitar 16,3 cm. Jika dihitung ketika kakinya semua terentang, panjangnya menjadi 29,5 cm. Pada beberapa kasus, panjang serangga ini bisa mencapai 50 cm. Ada lebih dan 3.000 spesies yang ditemukan, beberapa dari mereka memiliki sayap dan dapat terbang. Mungkin memang sulit untuk membayangkan sesuatu sebesar ini terbang di ruang tamu kita. Hal ini sebenarnya masih menjadi tantangan bagi orang-orang tertentu tentang bagaimana mereka bisa terbang dengan tubuh yang berat dan sayap kecil; keahlian ber-aerodinamis-lah yang mungkin menjadi jawabannya.


7. Serangga Ternyaring: Brevisana Brevis
Spesies jangkrik ini bunyinya dapat terdengar hingga seperempat hingga satu mil jauhnya. Pada jarak dekat, bunyinya dapat mencapai 120 desibel. Sebagai pembanding, musik pada diskotik hanya sebesar 100 desibel.


8. Serangga Dengan Bentuk Teraneh: Thorn Bug
Ukuran dan warna serangga ini sangat bervariasi, tetapi biasanya Thorn Bug dewasa memiliki panjang sekitar 1,5 cm dan berwarna hijau. Mereka banyak ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah, Meksiko, serta Florida bagian selatan. Spesies ini sebelumnya tidak dikenali hingga hampir tahun 1950.


9. Serangga Dengan Masa Hidup Terlama: Queen of Termites
Queen of Termites telah dikenal bisa hidup hingga mencapai 50 tahun. Mereka telah ada di bumi selama lebih dari 200 juta tahun. Makanan serangga ini adalah kayu mati dan bisa dihabiskan olehnya sendirian. Jadi tak heran jika kerusakan yang disebabkannya pada sebuah rumah, melebihi bencana kebakaran dan badai. Queen of Termites memiliki 5.000 hingga 7.000 telur per hari, dimana hal itu merupakan jumlah telur yang sangat banyak bagi sebuah serangga yang juga mampu hidup begitu lama.


10. Serangga Paling Merusak: Desert Locus
Jika rayap dapat menyebabkan banyak kerusakan pada rumah, itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kerusakan yang dihasilkan oleh Desert Locus. Porsi makan mereka sama dengan berat tubuhnya dan memangsa hampir semua jenis tanaman, dedaunan, bunga-bungaan, padi, buah-buahan, sayur mayur, dan biji-bijian. Pada tahun 2003-2005 adalah salah satu masa terburuk di Afrika Barat karena wabah Desert Locus. Serangga ini dikenal telah menginvasi lebih dari 20 negara, dengan menimbulkan biaya untuk membasminya berkisar $400 juta dan perkiraan kerusakan panen lebih dari $2,5 milyar.



sumber :
http://www.succeedwiththis.com
http://www.oocities.org/
http://en.wikipedia.org/
http://activerain.com/
http://www.bbc.co.uk/

0 comments: