Latest Entries »

7 Makanan Terbaik Untuk Otak

1. Sayuran Hijau

Kubis, bayam dan kangkung, adalah sayuran hijau yang sangat baik bagi pertumbuhan otak anak dan orang dewasa. Sayuran ini mengandung vitamin B6, B12 dan asam folat. Fungsinya untuk meningkatkan daya ingat dan memproses informasi yang telah dipelajari sebeumnya. Vitamin ini dibutuhkan otak untuk mencegah demensia (penyakit lupa) dan Alzheimer. Sayuran hjau juga kaya zat besi yang penting bagi tubuh.




2. Ikan
Memakan ikan sangat baik bagi otak karena mengandung banyak omega-3. Mengonsumsi ikan secara teratur ternyata dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Konsumsi omega-3 juga membuat suplai oksigen melimpah ke otak. Otak dapat menerima informasi baru sekaligus memproses ingatan lama. Beberapa jenis ikan laut dengan kandungan omega-3 yang banyak dijual di pasaran Indonesia adalah ikan tuna, tongkol, tenggiri, layang, ikan kembung, dan ikan lemuru. Ikan salmon dan ikan haring juga sangat baik, namun ikan tersebut sangat jarang dijual di Indonesia.


3. Cokelat

Apakah kamu suka makan cokelat? Ada kabar baik bagi penggemar cokelat, karena cokelat baik yang dikonsumsi sebagai minuman atau makanan, tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak nutrisi bagi otak. Antioksidan utama dalam cokelat adatah flavonols. Zat ini berperan penting untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam cokelat jauh lebih kuat dibandingkan yang lainnya.



4. Telur
Bertambah usia, membuat otak manusia cenderung mengecil. Hal ini disebut juga brain atrophy (kerusakan sel-sel otak). Konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi proses alami ini karena telur mengandung vitamin B12 dan lesitin. Vitamin B12 membantu melawan efek pengecilan otak yang sering diaiami para penderita Alzheimer. Kuning telur yang mengandung kolesterol, ternyata berguna memiliki kolin yang berperan membangun sel otak dan meningkatkan kemampuan mengingat. Telur tak baik dikonsumsi berlebihan, cukup satu butir per hari.



5. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang kenari dan biji bunga matahari, kaya akan omega-3 dan 6, asam folat, vitamin E dan vitamin B6 yang membantu otak berpikir lebih cepat dan jernih. Omega-3 dan 6 juga bisa menjadi antidepresan alami agar kita mampu berpikir lebih positif. Beberapa jenis kacang dan biji-bijian juga banyak mengandung tiamin (Vitamin B1) dan magnesium yang bagus untuk daya ingat dan fungsi kognitif otak.



6. Teh, Khusunya Teh Hijau

Teh hijau atau teh hitam sangat baik untuk otak karena mengandung catechin, yaitu antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Kelelahan dan otak malas berpikir, mungkin terjadi karena kita kekurangan asupan catechin untuk otak. Catechin membuat otak tetap tajam, segar, dan berfungsi maksimal. Zat ini juga mampu membuat tubuh dan pikiran terasa rileks dan mengurangi kelelahan mental. Khasiat teh hijau lebih baik dibandingkan teh hitam, tetapi keduanya tetap sama baik bila dikonsumsi.



7. Buah Beri

Buah beri mengandung banyak antioksidan yang membantu menjaga kesehatan otak. Keluarga buah beri seperti blueberries, sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik dan belajar. Kandungan fisetin dan flavonoid (antioksidan) yang ada pada buah beri membantu meningkatkan kemampuan ingatan. Mengonsumsi buah beri secara rutin tiap hari dapat mengatasi atau mengurangi efek penurunan fungsi otak.



[ dikutip dari buku 'Kisah 1001 Fakta-Fakta Paling Super Di Dunia' ditulis oleh Nia Kamaladewi ]

0 comments: