Latest Entries »

CABO SAN LUCAS: Desa Basis Perompak Yang Menjadi Kota Pesta

Teluk Cabo San Lucas di ujung tenggara Baja pernah menjadi basis kapal pembajak untuk merompak kapal-kapal harta karun Spanyol. Bahkan sampai 18 tahun lalu, teluk ini tidak lebih dari sebuah desa tempat penangkapan dan pengalengan ikan. Tapi kemudian reputasinya sebagai lokasi perburuan ikan marlin langsung melejit.

Dalam beberapa tahun terakhir, teluk Cabo San Lucas telah menjadi destinasi utama di Los Cabos, dimana kondominium bernilai jutaan dolar berdiri, begitu pula sejumlah padang golf. Air bersih mengalir melalui jaringan pipa dari San José, sehingga pohon-pohon palm tumbuh subur dan di setiap penjuru kini terlihat asri. Ya, teluk Cabo San Lucas telah menjadi semacam enclave AS dibanding wilayah Meksiko lainnya, yang tak menyisakan sejengkal tanah pun selain untuk kepentingan pariwisata. Kita akan menikmati kenyamanan berlibur, meski hanya berkunjung satu atau dua hari ke Cabo San Lucas, kecuali jika ingin memancing atau menyelam.

Meski tergolong mahal dibanding tetangganya San José, tapi tetap saja atmosper pesta, seperti yang tercermin dari kerumunan muda-mudi, selalu menghiasi Cabo San Lucas. Saat ini tersedia sekitar 3.000 kamar hotel di sana, belum termasuk 10.000 home stay yang menyamakan posisi Cabo San Lucas dengan resor-resor yang telah lebih dulu terkenal seperti Mazatlán atau Acapulco. Pengembangan fasilitas wisata selanjutnya di Cabo San Lucas termasuk mall dilengkapi dengan sebuah pusat konvensi, komplek bioskop, bowling alley, areal parkir luas dan sejumlah kondominium. Bahkan ada rencana membangun sebuah pulau buatan di atas teluk, lengkap dengan restoran dan bar.

Pulau-pulau karang yang ada di sana merupakan bagian dari Land’s End, dasar Selat Baja di Cabo San Lucas, Meksiko. Perairan yang paling dekat adalah Laut Cortez. Air di balik karang-karang tersebut adalah Samudra Pasifik. Jadi ada sunset di sekelilingnya yang membentuk semacam cincin emas tiap sore, dipercantik riuh rendah suara burung yang beterbangan. Ringkasnya, kini Cabo San Lucas telah menjadi destinasi untuk liburan dan spa, dengan aneka tempat menarik serta sejumlah kondo timeshares yang telah berdiri di sepanjang garis pantai antara San Lucas dan San José del Cabo. El Arco de Cabo San Lucas telah menjadi sebuah landmark lokal, dan dalam dunia memancing Cabo San Lucas pernah menjadi tuan rumah turnamen terbesar di dunia untuk memancing Marlin. Saat musim dingin, kawanan ikan paus dapat disaksikan di samudra, mereka melahirkan anak-anaknya di perairan hangat di dekat Cabo San Lucas.

Cabo San Lucas dan San José del Cabo dilayani oleh Bandara lnternasional Los Cabos. Banyak maskapai terbang ke sana tiap hari seperti Mexicana, Aero Mexico dan Aero California dari Los Angeles, America West dari Phoenix, Continental dari Houston, American Airlines dari Dallas/Fort Worth, Mexicana dari Denver, serta Alaska Airlines dari Los Angeles, San Francisco, San José, Seattle, San Diego dan Alaska. Kota ini juga menjadi pelabuhan populer bagi sejumlah kapal pesiar. Selain itu, Cabo San Lucas juga memiliki lapangan udara kecil yang menangani lalu lintas udara penerbangan umum dan layanan taksi udara.

Atmosper pesta di Cabo San Lucas dan gaya kuno kolonial San José dihubungkan lewat sebuah padang golf dan resor (Tourist Corridor) yang membentang antara kedua kota kembar ini sepanjang hampir 4 km di bibir pantai berpasir putih dan goa-goa karang. Sejumlah hotel dan permukiman mewah dengan lansekap menawan berjajar di kawasan ini, yang disebut The Corridor. Beberapa dari properti ini telah dinobatkan sebagai resor terbaik di Amerika Latin, surga bagi bintang-bintang Hollywood, bahkan dijadikan tempat bermalam Presiden AS selama pelaksanaan The 2002 Asia-Pacific Economic Conference (APEC). Resor kelas atas di The Corridor termasuk diantaranya Palmilla, Esperanza dan Las Ventanas. Pada 1990, rocker Sammy Hagar dari Van Halen, membuka sebuah nightclub dan restoran, The Cabo Wabo Cantina, bersama tiga anggota Van Halen lainnya. Kini properti Van Hallen itu telah menjadi salah satu atraksi favorit di Cabo San Lucas. Klub lainnya di Cabo termasuk El Squid Roe, The Zoo, Gigglin Marlin, NoWhere Bar, Tiki bar, dan The Jungle Bar.

Meski perompak sudah tidak ada lagi di Cabo San Lucas, tapi aroma mistis Cabo masih bertahan bersama sekitar 40.000 populasinya saat ini. Dengan sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan para pelancong, maka Cabo San Lucas kini telah menjelma menjadi sebuah taman hiburan raksasa. Golf telah menjadi daya tarik utama di Cabo San Lucas. Dengan lima padang golf kategori championship, Los Cabos telah menjelma sebagai ibukota golf Meksiko. Akhirnya, Cabo memang destinasi yang komplit. Dia bisa jadi destinasi wisata seluruh keluarga, bisa juga jadi tempat yang romantis dan sunyi untuk rileks atau berbulan madu, main golf, olahraga air, berlayar, memancing, ATV, menunggang kuda, dan masih banyak lagi. Di sini juga selalu hidup dan ramai dengan pesta. Yes, Party tillyou drop!

Atraksi Favorit di Cabo San Lucas :
Cabo Adventures - Cabo San Lucas Tours - 4x4 Desert Safari - Rissalena Cruises - Wild Canyon Adventures - Baja Wild - Cabo Sailing - Rips Bar - America’s Cup Sailing



sumber :
Travel Tren Magz (2009)
http://www.skyscraperlife.com/
http://www.contactincentives.com/
http://www.bigtravelweb.com/
http://www.cntraveler.com/
http://www.travelupdate.be/
http://usa305.blogspot.com/
http://www.idanka.com/

1 comments:

Blogger said...

Bluehost is definitely one of the best web-hosting company with plans for any hosting needs.