Latest Entries »

Custom ROM ANDROID

Pengertian

Custom ROM adalah sebuah image dan Operating System (OS) yang sudah dikustomisasi sedemikian rupa oleh developer pihak ketiga. Para developer pihak ketiga sendiri mengartikan ROM (Read Only Memory) sebagai OS bawaan yang teninstal secara default pada perangkat Android baik itu ponsel ataupun tablet. Dalam hal ini kita juga harus berbicara tentang kernel. Secara garis besar, kernel adalah jantung dari sebuah OS. Kernel merupakan pondasi atau komponen yang mendukung dari OS tersebut.


Jenis
  • Stock ROM
    Merupakan versi 0S default dari perangkat yang dibeli.
  • Custom ROM
    Merupakan sebuah versi OS tersendiri yang dikembangkan pihak ketiga dari stock ROM yang ada. Di dalamya sudah termasuk kernel, aplikasi, apapun yang diperlukan untuk mengoperasikan sebuah perangkat Android.
    Kata Custom di sini berarti kustomisasi. Karena OS Android sendiri bersifat terbuka (Open Source), maka para developer pihak ketiga memiliki kebebasan untuk memodifikasi sebuah stock ROM yang ada. Seperti mengoptimalkan hingga menambahkan sesuatu, tergantung kemampuan dan imajinasi yang mereka miliki. Bagi pengguna yang suka mengoprek, jelas menginstal sebuah Custom ROM wajib sifatnya.
    Tidak semua perangkat Android memiliki Custom ROM. Semuanya dikembalikan lagi kepada pihak ketiga. Mereka cenderung membuat sebuah Custom ROM untuk perangkat Android (dalam hal ini tipe tertentu) yang banyak memiliki pengguna. Misalnya, mereka cenderung mengembangkan sebuah Custom ROM untuk Samsung Galaxy S daripada LG Optimus One yang penggunanya lebih sedikit.


Kelebihan
  • Performa meningkat. Berbagai aplikasi standar dihapus karena dirasa tidak diperlukan, sehingga beban penggunaan memori berkurang dan mengakibatkan performa merangkak naik.
  • Efisiensi baterai. Dengan memodifikasi kernel yang ada, kebutuhan energi untuk menjalankan sistem menjadi lebih kecil. Sehingga daya tahan baterai pun menjadi lebih lama.


Kekurangan
  • Memerlukan pemahaman teknis dan pengetahuan dasar seperti cara melakukan flashing, restore, recovery dan lain-lain. Tetapi seiring dengan waktu, pengguna bisa belajar dengan mencoba-coba.
  • Masih banyak bug. Namanya modifikasi, tentunya masih terdapat kekurangan. Hal ini juga terdapat pada sebuah Custom ROM. Bisa saja setelah terinstal ada beberapa fitur pada perangkat yang tidak berjalan, seperti telepon, Bluetooth, WiFi, atau yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak developer biasanya merilis sebuah patch/fix.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for Android

0 comments: