Latest Entries »

JUAL: DVD Le Grand Voyage

Judul : Le Grand Voyage
Pemain : Nicolas Cazalé, Mohamed Majd, Jacky Nercessian
Produksi : Ognon Pictures, arte France Cinéma, Soread-2M
Tahun : 2004
Subtitle : English, Indonesian - 1 disc
Berat : 0,4 kg
Kondisi : 100% new - original, segel
Harga : SOLD OUT!!
Deskripsi :
Duration : Approx. 108 mins.
Language : French, English, Arabic
Reda, seorang anak yang mendadak diminta ayahnya mengantarkan dia naik haji dari Perancis ke Mekkah, padahal Reda harus menjalani ujian akhir. Reda harus menemani ayahnya bukan dengan pesawat seperti orang kebanyakan, tapi dengan menggunakan mobil. Sang anak pun merasa heran mengapa ayahnya tidak mengambil transportasi yang cepat saja. Di tengah perjalanannya, pernah Reda bertanya kepada ayahnya, “Kenapa Ayah tidak naik pesawat untuk naik haji? Lebih praktis". Si Ayah menjawab, ”Saat air laut naik ke langit, rasa asinnya hilang dan murni kembali. Air laut menguap naik ke awan. Saat menguap, ia menjadi tawar. Itulah sebabnya lebih baik naik haji berjalan kaki daripada naik kuda. Lebih baik naik kuda daripada naik mobil. Lebih baik naik mobil daripada naik kapal laut. Lebih baik naik kapal laut daripada naik pesawat. Ketika Ayah kecil, almarhum kakekmu berangkat naik keledai. Ayah tak pernah melupakan hari itu. Kakekmu lelaki pemberani. Tiap hari Ayah naik ke atas bukit, disana Ayah bisa lihat cakrawala. Ayah ingin jadi orang pertama yang melihatnya kembali".
Seiring perjalanan yang membuat keduanya semakin erat, Reda mengalami beberapa konflik dengan ayahnya. Sang ayah, yang diperankan oleh Mohamed Majd, adalah seorang imigran, dia telah menetap lama di Perancis. Dia masih memegang teguh norma-norma agama dan kebudayaan Arab, namun Reda, adalah generasi yang sudah kebarat-baratan dan bahkan tidak pernah sholat. Perbedaan pendapat menjadi hal utama konflik-konflik kecil yang terjadi antara ayah dan anak ini. Sang ayah yang tegas harus berhadapan dengan anak yang merasa pendapatnyalah yang benar. Namun, Reda masih menghargai keinginan-keinginan ayahnya, Reda masih menjadi anak yang penurut. Kisah-kisah unik dan penuh teka-teki memenuhi proses perjalanan mereka. Lalu bagaimana kelanjutan perjalanan ayah dan anak itu? Bagaimana mereka dapat mengatasi konflik-konflik yang ada?
Film yang berhasil menyabet penghargaan Luigi De Laurentiis Award 2004 di Venice Film Festival, Best Actor 2005 & Best Film 2005 di Mar del Plata Film Festival dan Jury Award 2005 di Newport International Film Festival ini adalah sebuah film tentang kesederhanaan mencintai dalam hubungan ayah dan anak yang semakin erat saat perjalanan menuju Mekkah.


click image to enlarge

0 comments: