Latest Entries »

10 Hewan Mamalia Tercepat (2/2)

.....lanjutan dari 10 Hewan Mamalia Tercepat (1/2)



6. Kuda Quarter 47,5 mil/jam (76 km/jam)
Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse. Disebut quarter karena dalam pacuan kuda bisa memimpin hampir seperempat panjang trek dari kuda jenis biasa yang lain. Kecepatan larinya dapat mencapai 76 km/jam. Ototnya besar dan kekar sehingga penampilannya terlihat lincah dan seimbang.


7. Rusa Besar 46 mil/jam (73,6 km/jam)
Rusa ini sering dianggap sebagai rusa terbesar kedua di dunia, dan menjadi salah satu mamalia terbesar di Amerika Utara dan Asia Timur. Hewan ini menggunakan kemampuan berlarinya untuk menghindari bahaya. Dan karena ukuran tubuhnya yang besar, ia jarang diganggu oleh hewan pemburu lain. Tanduknya dapat tumbuh hingga 4 meter.


8. Anjing Pemburu Cape 45 mil/jam (72 km/jam)
Anjing jenis ini menggabungkan antara kecepatan dan kecerdikan dalam memburu mangsanya. Mereka berburu secara berkelompok (6 - 20 anjing) dan sangat teroganisir. Misalnya salah satu anjing mengarahkan mangsanya ke satu tempat, anjing lainnya siap menyerang silih berganti hingga mangsa tak berdaya.


9. Coyote 43 mil/jam (68,8 km/jam)
Coyote merupakan anggota keluarga anjing dan dikenal sebagal serigala Amerika atau serigala padang rumput. Hewan yang satu ini termasuk cerdas dengan indra penciumannya yang tajam. Ia memangsa hewan-hewan kecil seperti kelinci, tikus, tupai, katak, dan ular. Ia hidup secara berkelompok dan berburu sepanjang musim.


10. Rubah 42 mil/jam (67,2 km/jam)
Rubah termasuk anggota terkecil dari keluarga canidae. Mereka dapat ditemui di semua benua, semak-semak dan padang pasir. Mereka adalah hewan omnivora atau pemakan daging dan sayur-sayuran. Kecepatannnya berlari digunakan untuk memburu kelinci, tikus dan bahkan burung.



[ dikutip dari buku '720 Fakta Unik Yang Mencengangkan Dunia' ditulis oleh Ajen Dianawati ]

0 comments: