Latest Entries »

18 Metode Promosi Offline Yang Membuat Bisnis Online Meledak

Walaupun sebuah bisnis berjalan secara online, tapi untuk mengembangkan dan meluaskan jaringannya maka promosi konvensional secara offline juga tidak boleh diabaikan. Misalnya dengan menggunakan media selebaran, pamflet, iklan majalah atau di harian umum. Promosi offline bisa memberikan hasil yang tidak kalah spektakuler dengan metode online apabila tahu caranya. Apa kelebihan yang paling menonjol dari promosi model ini? Yaitu akan dapatkan target pasar yang benar-benar blank, maksudnya belum mengenal internet.

Apakah kita benar-benar tahu bahwa pengguna internet di Indonesia masih sangat kecil prosentasenya? Dari sekitar 220 juta lebih penduduk Indonesia ternyata yang telah biasa mengakses internet secara aktif baru sekitar 15 juta jiwa. Itu artinya peluang pangsa pasar hiden user ini sangat besar. Sasaran yang dituju adalah orang-orang yang belum mengetahui peluang bisnis online. Market seperti ini jumlahnya sangat banyak sekali. Bahkan sebagian besar dari mereka mungkin sangat awam dengan internet. Jika bisa meyakinkan mereka, maka kita akan memiliki pasukan yang ulet dan tangguh. Bisnis kita akan terkenal baik di darat maupun di udara.

Berikut ini beberapa metode yang dianjurkan untuk diterapkan. Apabila ingin memperoleh hasil yang menggembirakan, silahkan terapkan semua metodenya.
  1. Pasang iklan di koran yang memiliki oplah besar. Contoh harian umum yang memiliki pangsa pasar luas adalah Republika, Pikiran Rakyat, Kompas, Jawa Pos dan masih banyak lainnya. Kita pun bisa beriklan pada koran lokal tempat dimana tinggal. Cantumkan alamat URL dan sekilas kelebihan bisnis yang dimiliki.
  2. Pasang iklan pada majalah atau tabloid berkala. Ini akan menjadi tambahan trafik yang permanen. Karena orang biasa menyimpan majalah atau tabloid dibandingkan dengan koran.
  3. Sampaikan secara lisan atau melalui media komunikasi seperti telepon atau SMS kepada para kolega, tetangga, saudara, teman kantor, teman kuliah dan lain-lain mengenai bisnis yang dimiliki. Cara ini lumayan efektif karena mereka telah mengenal dan mempercayai kita. Terlebih lagi bila saldo rekening kita telah benar-benar bertambah dan bisnis yang dilakoni telah membuahkan hasil meski masih sedikit. Mereka akan semakin penasaran dan mencoba.
  4. Bekerja sama dengan pemilik warnet. Mintalah kepada mereka untuk menjadikan URL kita sebagai start page di warnet. Sehingga apabila ada orang lain yang browsing ke internet, alamat website kita akan muncul pertama kali.
  5. Pasang stiker ditempat umum seperti di angkutan umum (angkot, metromini, bus, kereta dan lain-lain). Juga bisa di toko-toko, tiang listrik, rumah makan, pohon, papan pengumuman dan lain-lain.
  6. Jika memiliki kendaraan, apakah itu mobil, motor atau sepeda sekalipun tak jadi soal untuk memasang stiker link kita. Pasang pada sisi kendaraan yang gampang dilihat orang. Ini ibarat iklan berjalan, kemana pun pergi website kita senantiasa dibaca orang.
  7. Jika kita adalah seorang siswa atau mahasiswa, buatlah pamflet atau brosur dan tempel di papan pengumuman. Dengan cara ini diharapkan semua teman-teman menjadi tahu. Akan lebih baik lagi jika disekitar area sekolah atau kampus ada warnet. Karena teman-teman yang penasaran akan langsung pergi ke warnet. Good idea bila warnet di sekitar sekolah/kampus itu juga digarap dengan menempelkan brosur.
  8. Bekerja sama dengan pemilik rental atau tempat kursus komputer. Buat perjanjian dengan pengelola agar stiker atau brosur link kita bisa diletakkan pada tempat yang mudah terlihat.
  9. Dan dari semua metode di atas sebenarnya ada satu cara yang sangat ampuh untuk membantu menyebarluaskan ladang bisnis secara offline. Apakah itu? Yaitu, buat SALES LETTER. Ya, membuat sales letter yang efektif.
  10. Membuat kartu nama. Kemanapun pergi usahakan senantiasa bawa kartu nama. Berikan kepada orang atau kolega yang dianggap sangat potensial. Dengan metode ini, kredibilitas kita akan terangkat. Orang akan mulai menghargai bisnis kita.
  11. Menambah trafik dengan membuat kop surat. Saat melakukan korespondensi dengan siapapun dan kapanpun secara offline, gunakan selalu amplop dan lembaran kertas berisi logo dan link bisnis. Cara ini sangat efektif. Lambat laun orang akan mengerti bahwa kita memiliki bisnis yang super unik. Jika mereka penasaran, maka pada hahikatnya kita telah mengantongi satu poin kemenangan. Tinggal lanjut dengan follow up.
  12. Berpartisipasi dengan kartu pos. Cara ini memang tergolong mahal. Namun jika bisa, maka bisnis akan menyebar seperti virus.
  13. Lakukan direct mail. Tawarkan apa yang dimiliki oleh situs kita kepada khalayak ramai dengan cara ini. Khususnya jika memiliki daftar customer yang telah meminta informasi. Kita juga bisa sertakan daftar katalog produk atau servis di dalamnya. Cara ini bisa dilakukan secara berkala. Mingguan atau bulanan misalnya. Apalagi jika memang produk kita senantiasa bertambah dan bervariasi.
  14. Bentuk citra khusus terhadap bisnis. Maksudnya, kita bisa membuat kaos t-shirts, pulpen, topi atau apapun yang murah dan masal. Buat yang banyak dan bagikan atau berikan sebagai bonus kepada pelanggan atau calon pelanggan. Dan jangan lupa, harus sertakan link bisnis disana. Untuk sebuah kaos saja, berarti telah menciptakan seorang tentara pemasar gratis. Bagaimana jika pada masing-masing item minimal anda membuat 1000 buah? Akan hebat bukan pasukan daratnya???
  15. On air dengan radio siaran setempat. Kirim penawaran kepada sebuah radio, bahwa kita memiliki sesuatu yang sangat unik untuk disiarkan. Kita harus bisa meyakinkan mereka kalau produk kita benar-benar spesifik dan sangat unik. Dari metode ini diharapkan bisa menambang pengunjung pada segmen yang berbeda.
  16. Kunjungi seminar. Seminar apapun selama kita punya waktu dan kesempatan. Apa yang bisa diperoleh dengan seminar? Selain ilmu, yang jelas akan bertemu dengan orang-orang baru. Jadikan mereka teman dan partner. Tawarkan atau buatlah deal dengan mereka agar mau join venture. Jelaskan apa dan bagaimana bisnis online yang digeluti.
  17. Sewa atau beli sebuah tempat. Carilah atau sewalah tempat strategis yang sering dilalui orang banyak. Letakkan prospectus disana. Atau jika sanggup, suruhlah orang lain untuk menjaga stan tersebut. Dari sini akan banyak hit baru.
  18. Gunakan daya imajinasi. Dalam hal promosi offline diperlukan kreatifitas dan ide cemerlang. Apapun atau dimanapun selama bisa dimanfaatkan untuk menunjang promo, maka sebaiknya dilakukan. Setiap hari harus bisa mendapatkan cara promosi yang lebih baru supaya semakin banyak mata public melihat bisnis kita.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for promotion

0 comments: