Latest Entries »

Kayaking Basics

Berolahraga sambil bersantai dan menikmati alam bebas. Inilah benefit yang ditawarkan aktivitas kayaking. Tak perlu perlengkapan mahal, kita bisa ber-kayak sendiri, berdua atau beramai-ramai. Setengah jam, satu jam atau bahkan seharian. Destinasi-destinasi wisata air, baik di laut, sungai, kanal maupun danau, kini banyak yang menawarkan penyewaan kayak, sebuah sampan sempit memanjang, mirip perahu tradisional, yang biasanya didesain cukup untuk satu atau dua orang. Tempat-tempat penyewaan tentunya juga menyediakan kayuhnya, dan jaket pelampung untuk keamanan. Cukup dengan tiga benda itu saja - kayak, kayak paddle dan life jacket - kita pun siap ber-kayak ria, sembari menikmati panorama. Belum pernah ber-kayak? Tidak terlalu sulit, begini caranya :

MEMEMILIH KAYAK
Pilihlah recreational kayak, atau kayak yang didesain khusus untuk rekreasi. Kayak rekreasi ini lebih stabil dan lebih mudah dikendarai, dengan kokpit yang lebih lapang. Cocok untuk pemula. Sedangkan ocean kayak biasanya lebih panjang, lebih sempit dan lebih ditujukan untuk pengemudi kayak yang sudah terlatih.

MEMILIH LOKASI
Bagi pemula, pilih pula kawasan perairan yang tenang, dengan arus yang tidak terlalu kencang dan terlindung dari ombak atau gelombang.

MENGAWALI DI AREA DANGKAL
Tarik dan posisikan kayak agar mengapung di perairan dangkal, lalu naiki kayak tersebut. Jangan putus asa jika tidak berhasil beberapa kali pertama. Prepare to get wet! Posisikan satu kaki di dalam kayak sambil memegang sisi-sisi kayak untuk keseimbangan. Kemudian angkat badan dan ambil posisi duduk di dalam kokpit. Kalau ada orang lain di sana yang sedang ber-kayak, perhatikan mereka dan contek strateginya. Atau bereksperimen sendiri untuk menemukan cara terbaik.

MENGAYUH KAYAK
Letakkan kayuh dalam genggaman. Tak perlu terlalu erat, santai saja, yang penting merasa nyaman, dengan jarak antara tangan kiri dan kanan tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Jika jarak terlalu jauh, mengayuh akan terasa berat. Sebaliknya, jika terlalu dekat, malah tidak bisa mengayuh sama sekali. Sekali lagi, lakukan eksperimen sendiri untuk menentukan jarak yang terbaik. Lalu, perlahan ayun kayuh secara bergantian, kiri dan kanan, sehingga hanya ujung dari kayuh tersebut yang menyapu permukaan air. There you go, you’re kayaking!



[ dikutip dari berbagai sumber ]

0 comments: