Latest Entries »

VANCOUVER: Metropolis Berbalut Keindahan Gunung Dan Pantai (2/2)

.....lanjutan dari VANCOUVER: Metropolis Berbalut Keindahan Gunung Dan Pantai (1/2)



Vancouver adalah kota beriklim sedang, suhu hanya mencapai 22 derajat celsius di musim panas (sekitar Mei sampai September>, dan 2 derajat saat musim dingin (Januari sampai Maret). Khusus musim panas, hujan biasanya turun 7 sampai 12 kali per bulan, jadi tersedia cukup banyak hari cerah untuk jalan-jalan.
Kawasan permukiman yang juga impresif dan bercorak unik adalah Granville Island. Terletak di bawah naungan jembatan Granville Street yang dulunya merupakan sebuah kawasan industri. Oleh para pengusaha berinsting tajam, gudang-gudang tua kemudian disulap menjadi berbagai restoran hip dan studio seni. Emily Carr University of Art + Design, sebuah sekolah seni yang namanya diambil dari seorang artis Kanada, juga berdiri di sini. Berbagai distro kemudian muncul terpicu oleh atmosfer seni yang kental ini. Jangan lewatkan toko Edie Hats di pusat perbelanjaan The Net Loft yang menjual aneka topi dari zaman dulu. Mengenakan topi fedora berpita karya Edie Orenstein, akan merasa sedang dibawa oleh mesin waktu ke masa 80 tahun silam.
Beberapa langkah dari situ, teronggok sejumlah toko yang menjual pakaian hand-painted, aksesori rumah berbahan beling, dan galeri seni yang memamerkan kekayaan budaya Amerika. Ada juga Granville Island Market, yakni sebuah pasar tertutup yang menjual aneka barang dagangan para petani, nelayan, pembuat roti, dan perajin. Seafood segar dan roti panggang oven di sini sangat terkenal karena telah membuat banyak orang kecanduan.

Di sisi barat Granville Island Market berdiri bermacam restoran yang menawarkan pengalaman makan unik. Beberapa yang layak disebut adalah Bridges Restaurant, Bistro Wine Bar, The Restaurant, The Pub, dan Deck. Yang terakhir ini masyhur berkat area outdoor-nya yang fantastis. Dari kursi-kursi yang dijejer di halaman, kita bisa menikmati pemandangan laut dan gunung yang sensasional, serta melahap aneka menu yang telah meraih banyak penghargaan dari media setempat. Di musim panas, acap kali kita akan bisa melihat sejumlah yacht bersancar, lalu mengirim penumpangnya ke Deck sekadar untuk menenggak bir Granville Island Brewing yang tersohor itu.

Untuk pengalaman berbelanja yang lebih bernuansa, datangi Pecinan. Ini merupakan China Town terbesar kedua di kawasan Amerika Utara -bukan sesuatu yang mengejutkan sebab warga Cina adalah komunitas asing terbesar di Vancouver. Berjalan-jalan di Pecinan rasanya seperti sedang dibawa merantau ke Asia. Aroma khasnya yang semerbak menyeruak dari pork barbeque, potongan daging bebek, buah-buahan eksotik, dan segala macam obat-obatan herbal yang entah apa namanya. Jika ingin menghela napas sejenak dari pasar yang ramai ini kunjungi saja Dr. Sun Yat-Sen Garden. Taman bergaya Cina klasik yang memakai nama presiden pertama RRC ini seluruh isinya didatangkan langsung dari Cina dalam 950 kotak kontainer. Genting bakar, ukiran kayu, teralis jendela, dan bunga lili adalah elemen-elemen tradisional yang menghiasi taman ini, menjadikannya bak oasis oriental yang memancarkan kedamaian di tengah kawasan yang sumpek.

Cara lain lagi untuk lari dari keramaian adalah pergi ke pegunungan. Beberapa lokasi ski terbaik di provinsi British Columbia ini bisa diakses dari downtown Vancouver -jaraknya dari pusat kota rata-rata 15 menit menaiki transportasi umum. Grouse Mountain terletak di sisi North Shore. Kita harus menempuh perjalanan sepanjang 1,5 kilometer ke utara untuk sampai ke puncak Grouse lalu menyaksikan panorama kota yang menakjubkan dari situ. Aktivitas utama di musim dingin adalah bermain ski, snowboarding, ice-skating, dan snowshoeing (berjalan dengan sepatu teplek khusus salju). Bagi mereka yang gemar memacu adrenalin, coba rute Grouse Grind. Medan penuh tantangan sepanjang 2,9 kilometer ini sering dipakai sebagai pemusatan latihan bagi atlet-atlet kelas dunia, seperti para anggota tim hoki es Vancouver Canucks.

Jika datang bersama keluarga, tempat yang tak boleh dilewatkan adalah Whistler, sebuah kompleks resor ski kelas dunia yang memiliki atraksi musim panas dan musim dingin sama serunya. Tempat yang menggantung di kaki langit ini, jalan rayanya seperti bioskop yang menyuguhkan pemandangan laut dan pegunungan dari kedua sisinya. Rute penuh pesona akan menemani kita hingga ke area Howe Sound, tempat di mana keindahan gunung dan laut seolah lebur jadi satu.

Di musim panas, Vancouver akan menggelar banyak festival. Salah satunya adalah Vancouver Folk Festival yang diadakan di venue outdoor Jericho Beach serta menampilkan musik rakyat tradisional dan kontemporer. Tersedia juga workshops, pasar penuh warna, dan berbagai pilihan makanan etnis yang menggiurkan. Namun jika lebih menyukai 'Bard on the Beach', festival Shakespeare komersial dengan gaya era Elizabeth, silahkan menuju ke kawasan pesisir dengan latar pantai yang indah. Kita juga bisa mencoba terbang naik kapal capung amfibi ke pulau-pulau di kawasan Gulf yang indah dan terpencil. Atraksi wisata ini terbuka untuk semua orang dengan tarif cukup terjangkau.

Satu keuntungan tinggal di kota seperti Vancouver adalah kemudahan untuk berwisata di akhir pekan. Banyak orang pergi ke Horseshoe Bay di Jumat sore, lalu naik feri ke Sunshine Coast. Mereka adalah para commuters yang hidup di pesisir, namun bekerja di tengah kota. Vancouver adalah sebuah kota dengan beragam aktivitas dan atraksi yang membuat turis selalu ingin datang kembali. Tak sedikit pula yang tersihir oleh pesonanya hingga memutuskan untuk tinggal dan menetap di sini, selamanya.

Beberapa maskapai yang melayani rute Jakarta-Vancouver antara lain adalah Korean Air mulai dari harga US$995, Philippine Airlines mulai dari harga US$1210, Cathay Pacific mulai dari harga US$1550, Lufthansa mulai dari harga US$1660, dan KLM mulai dari harga US$1700.




sumber :
JalanJalan Magz (2009)
http://gigaom.com/
http://onlyhdwallpapers.com/
http://wallpaperstock.net/
http://www.panpacific.com/
http://www.vancitybuzz.com/
http://www.vanaqua.org/
http://www.stare.ca/
http://www.buyric.com/
http://guu-izakaya.com/
http://www.flickr.com/photos/davidgn/
http://www.artandeducation.net/
http://ediehats.com/
http://www.destination360.com/
http://www.vancouver-chinatown.com/
http://en.wikipedia.org/
http://www.unifiedstream.com/
http://news.travelhouseuk.co.uk/
http://www.justamerica.co.uk/

0 comments: