Latest Entries »

10 Bangunan Tertinggi

1. Rose Tower, Dubai
Rose Tower merupakan sebuah pencakar langit setinggi 333 meter (1.093 kaki), bertingkat 72 lantai yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Pembangunannya dimulai pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2007. Bangunan ini menjadi hotel yang tertinggi di dunia dan telah melampaui Burj Al Arab pada ketinggian 321 meter yang juga terletak di Dubai.






2. Hotel Ryugyong, Pyongyang North Korea
Hotel Ryugyong terletak di Pyongyang ibu kota Korea Utara. Bangunan ini memiliki ketinggian 330 meter dengan 105 lantai. Pembangunannya dimulai pada tahun 1987 dan dihentikan pada tahun 1992 karena krisis keuangan. Setelah terhenti selama 16 tahun, pembangunan Hotel Ryugyong dilanjutkan kembali oleh Orascom Grup yang berasal dari Mesir. Direncanakan pembangunannya akan selesai pada tahun 2012 ini. Ryugyong menjadi kompleks pertama di luar New York dan Chicago dengan lebih dari 100 lantai.


3. Burj Al Arab, Dubai
Burj Al arab adalah sebuah hotel mewah yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Hotel bintang tujuh yang didesain oleh Tom Wright ini memiliki ketinggian 321 meter. Burj Al Arab juga memiliki atrium lobi tertinggi di dunia, setinggi 180 meter. Dekat dengan puncaknya ada sebuah helipad dan restauran Al Muntaha yang dalam bahasa arab artinya 'yang tertinggi'. Salah satu yang unik dari hotel ini adalah dinding atrium yang menghadap ke pantai terbuat dari fiberglass dilapisi teflon. Adapun interiornya didesain oleh Khuan Chew.


4. Jumeirah Emirates Towers, Dubai
Jumeirah Emirates Towers adalah hotel bisnis eksklusif terbaik di dunia. Bangunan yang terbuat dari besi dan kaca ini memiliki 56 lantai dan tinggi 309 meter. Berlokasi di Jalan Sheikh Zayed, tepat di tengah-tengah daerah bisnis di Dubai. Terdapat 400 kamar, 40 luxury suites dan lebih dari 15 restoran, bar dan lounge. Sewa kamar di hotel ini paling murah adalah US$ 1.100.






5. Baiyoke Tower II, Bangkok
Baiyoke Tower II, menjadi bangunan tertinggi di Thailand dan hotel tertinggi di Asia Tenggara. Hotel yang terletak di Central Business District Bangkok ini tingginya sekitar 304 meter dengan 85 lantai dan 673 kamar.











6. The Cullinan I, Hongkong
The Cullinan I atau yang disebut juga Cileungsi Menara Utara adalah menara tertinggi di Hong Kong. The Cullinan I diambil dari salah satu nama berlian terbesar di dunia. Konstruksinya dikembangkan oleh Sun Hung Kai Properties dan selesai pada tahun 2008.









7. Grand Lisboa, Macau
Shiny Grand Lisboa Hotel yang dibuka pada Desember 2008 merupakan menara di atas Makau, daerah administratif khusus di Cina. Desain kompleknya cukup unik yaitu menyerupai bunga teratai yang merupakan simbol dari Makau. Hotel ini dirancang oleh DLN Architects & Engineers, salah satu studio arsitektur Hongkong yang paling terkenal.







8. Lanko Grand Hyatt Hotel, China
Lanko Grand Hyatt Hotel adalah bangunan tertinggi kedua di Cina Barat. Tingginya sekitar 258 meter dengan 60 lantai. Pembangunannya selesai pada tahun 2004. Hotel ini terletak di Chongqing, kota terbesar dan terpadat di Cina.










9. JR Central Hotel Tower, Nagoya Japan
JR Central Hotel Tower merupakan bangunan kembar bertingkat yang terletak di Nagoya, kota terpadat ke-4 di Jepang. Tingginya mencapai 245 meter dan memiliki 51 lantai dasar, 53 lantai menara hotel dan 4 lantai bawah tanah. Bangunan ini menjadi bangunan tertinggi dan terbesar di Jepang.









10. Swissotel The Stamford, Singapore
Swissotel The Stamford adalah sebuah hotel mewah di Singapura dengan tinggi 226 meter dan 73 lantai. Bangunan ini merupakan hotel tertinggi di Asia Selatan dan pencakar langit ke-7 tertinggi di Singapura. Hotel bintang 5 ini memiliki 1.261 kamar dan suite, 16 restoran dan bar, Raffles City Convention Centre dan salah satu Spa yang terbesar di Asia.







[ dikutip dari buku '720 Fakta Unik Yang Mencengangkan Dunia' ditulis oleh Ajen Dianawati ]

0 comments: