Latest Entries »

Kandungan Antikanker Wortel Utuh Lebih Banyak

Kandungan anti kanker dalam wortel akan lebih efektif jika sayuran ini tidak dipotong sebelum dimasak. Ilmuwan menemukan bahwa wortel yang direbus sebelum dipotong memiliki 25% lebih banyak kandungan anti kanker, yang disebut falcarinol.

Eksperimen pada sejumlah tikus yang mengonsumsi falcarinol terbukti lebih sedikit terserang tumor. Hasil penelitian The Newcastle University, Inggris, ini dipresentasikan pada NutrEvent, sebuah konferensi nutrisi dan kesehatan di Perancis. Kepala penelitian tersebut, Dr Kirsten Brandt, dari Jurusan Pengembangan Agrikultur, Makanan dan Pedesaan Newcastle University, mengungkapkan bahwa pemotongan wortel mengakibatkan banyak permukaannya terbuka, sehingga kandungan nutrisinya banyak menguap bersama air saat dimasak. "Karena itu, memasak wortel sebaiknya dalam keadaan utuh, tidak dipotong, sehingga nutrisinya tetap terjaga dan sangat baik untuk mencegah kanker".

Para ilmuwan Newcastle bersama mitranya di University of Denmark, empat tahun lalu menemukan manfaat kesehatan falcarinol yang terdapat dalam wortel. Berdasarkan riset tersebut, tikus-tikus yang diberi wortel utuh, ternyata hanya berisiko 1/3 kali terserang tumor dibanding yang tidak mengonsumsi sayuran itu.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa wortel yang dipanaskan akan membunuh sel-selnya, sehingga kehilangan kemampuan untuk menahan kandungan air di dalamnya, dan meningkatkan konsentrasi falcarinol saat wortel kehilangan kandungan airnya. Selain itu, pemanasan juga melunakkan kulit wortel, sehingga kandungan didalamnya yang antara lain berupa gula dan vitamin C akan hilang, termasuk memicu penguapan kandungan falcarinol.

Jika wortel dipotong-potong sebelum direbus, maka permukaannya semakin banyak, sehingga risiko kehilangan nutirisi kandungannya meningkat. Dr Brandt mengungkapkan bahwa wortel yang utuh lebih enak. Delapan dari 10 orang di dunia lebih menyukai wortel utuh dibanding yang sudah dipotong-potong. Karena itu pula konsentrasi kandungan gula pada wortel yang dipotong-potong jauh lebih rendah.



[ dikutip dari berbagai sumber ]

0 comments: