Latest Entries »

Menangkap Pesona Air Terjun

Tidak lengkap rasanya bila berwisata ke alam terbuka tanpa mengabadikan momen yang indah dengan kamera. Apalagi jika berkunjung ke air terjun yang banyak terdapat di negeri kita ini. Air yang tercurah dari ketinggian ditambah dengan elemen alam di sekitarnya menciptakan panorama yang menyisakan kesan di dalam hati. Ingin mendapatkan foto waterfall yang dramatis? Ikuti beberapa trik berikut ini :

  • Siapkan kamera dengan baik dan jangan lupa melengkapi dengan kain pembersih kamera. Ini sangat berguna untuk membersihkan lensa atau body kamera dari percikan air yang kerap terjadi saat memotret air terjun, terutama dari jarak yang dekat.

  • Bila memungkinkan, cek cuaca dari arah datang dan turunnya matahari di sekitar air terjun. Sebagai panduan umum, lakukan pemotretan pada pagi atau sore hari.

  • Setibanya di lokasi, jangan terburu untuk memotret. Tentukan angle terbaik. Perhatikan arah angin dan pilihlah spot yang paling minim terkena percikan air.

  • Manfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam kamera seperti night scene jika mengambil di sore hari. Atau bagi yang ingin mengambil secara manual, bisa diseting pada kecepatan rana lambat (di bawah 1/60 detik) agar mendapatkan alur air yang lebih dramatis.

  • Gunakan tripod agar gambar yang dihasilkan tidak ‘goyang’ (shaking). Bisa juga menahan napas beberapa detik saat memotret.

  • Jangan hanya terpaku pada satu angle. Cobalah komposisi, maupun spot (titik) lain dan abadikanlah lebih dari satu shoot di setiap titik pemotretan. Dengan demikian, akan mendapatkan foto yang lebih banyak dan bervariasi.

Selamat mencoba!



[ dikutip dari berbagai sumber ]

0 comments: