Latest Entries »

10 Langkah Hemat Baterai Untuk ANDROID

Daya tahan baterai yang pendek merupakan masalah utama semua smartphone Android. Bila kita menggunakannya secara maksimal seperti menjelajahi Internet maupun bermain game dalam waktu lama, dapat dipastikan baterai tidak akan bertahan selama sehari penuh. Dengan begitu, kemampuan smartphone dalam hal portabilitas jelas menjadi berkurang.

Silakan mencoba beberapa langkah mudah di bawah ini. Walaupun tidak akan menambah daya tahan baterai sampai berhari-hari, setidaknya kita tidak perlu repot men-charge handphone kesayangan setiap saat.

Atur Tingkat Kecerahan Layar
Layar merupakan sumber utama cepatnya baterai habis, terutama jika kita menggunakan tingkat kecerahan paling tinggi. Masuk ke menu Settings > Sound & Display > Brightness, geser slider hingga ke tingkat terendah. Walau tingkat kecerahan digeser habis, tampilan layar masih jelas untuk dilihat, selama di dalam ruangan tentunya. Jika handphone kita sudah dilengkapi dengan fasilitas Auto Brightness, maka aktifkan.

Hindari Live Wallpaper
Jelas fitur ini membuat tampilan handphone menjadi lebih indah. Tetapi tahukah jika fitur ini juga rakus daya prosesor? Jika kita ingin menghemat baterai, wallpaper gambar biasa tidak akan menjadi masalah.

Hitam Lebih Baik
Siapa sangka jika tampilan warna juga mempengaruhi daya baterai. Semakin banyak warna putih yang ditampilkan di layar, semakin besar juga daya yang dibutuhkan. Sebagai contoh, layar utama Google yang didominasi warna putih menyedot daya baterai 2 kali lebih banyak dibanding layar pada menu Settings yang didominasi warna hitam. Perhatikan penggunaan warna pada semua tampilan, seperti pemilihan Themes maupun wallpaper.

Persingkat Waktu Screen-Time Out
Semakin lama layar aktif/hidup, semakin banyak pula daya baterai tersedot. Atur waktu mati layar otomatis ke 15 detik. Memang layar akan cepat standby jika kita tidak melakukan aktifitas pada layar, dan tentunya kita akan sering menekan tombol power untuk mengaktifkan layar kembali. Tetapi yang penting baterai hemat kan?

Gunakan Power Widget
Semakin banyak koneksi hidup (WiFi, Bluetooth, GPS), semakin cepat pula baterai habis. Untuk mencegah kita lupa mematikan salah satu koneksi tersebut, pasang saja Power Widget di layar utama. Dengan begitu kita dapat mengetahui apakah beberapa koneksi tersebut sedang aktfif atau tidak.

Hindari Penggunaan Widget Berlebih
Widget sangat berguna bila kita ingin mengetahui berbagai macam informasi secara real time tanpa harus mengakses aplikasinya melalui menu drawer, contohnya widget Facebook dan Twitter. Masalahnya, bila kita menaruh banyak widget pada layar utama, hal tersebut juga mempengaruhi daya tahan baterai. Pilihlah widget yang dianggap penting, dan usahakan meletakkan widget seperlunya saja.

Tidak Online Setiap Saat
Aktifitas online jelas memerlukan adanya pertukaran data, apalagi yang membutuhkan fungsi tersebut secara konstan seperti Sync ke Gmail. Hal ini juga memberikan masalah lain, yaitu cepat berkurangnya pulsa tanpa disadari karena beberapa aplikasi yang berjalan di background melakukan pertukaran data terus menerus. Jika kita tidak perlu fasilitas push mail atau update berita Twitter tiap saat, matikan saja koneksi internet. Masuk ke menu Settings > WirelesS & Network > Mobile Networks > Hilangkan centang pada opsi 'Enable always-on mobile'. Bila kita malas mematikan via menu Settings, install saja aplikasi APNdroid.

Pastikan Sinyal Jaringan Stabil
Sinyal jaringan 3G yang naik turun jelas berpengaruh pada daya tahan baterai ketimbang sinyal EDGE (2G) yang konstan. Memang keduanya memiliki kecepatan transfer data yang berbeda jauh, tetapi perhatikan sinyal di daerah kita berada. Jika sinyal EDGE stabil dan 3G tidak, sebaiknya pastikan handphone berjalan pada EDGE saja. Masuk ke Menu > Wireless & Network > Mobile Networks >centang opsi 'Use only 2G networks' Jika yakin sinyal 3G daerah kita berada sudah stabil, tinggal hilangkan centang pada pengaturan di atas.

Charge Baterai Hingga Penuh
Ketika men-charge, pastikan indikator baterai telah menunjukkan angka 100%. Kebanyakan smarpthone Android memerlukan waktu kurang lebih 4 jam dari keadaan baterai 10% hingga benar-benar penuh. Tips, kencangkan suara notification ke tingkat maksimum. Karena ketika baterai penuh, maka smartphone otomatis akan mengingatkan. Hal ini berguna ketika kita sering meninggalkan smartphone dalam keadaan ter-charge di ruangan lain.

Instal Aplikasi Penghemat Baterai
Semua cara manual telah dilakukan untuk menghemat baterai, tetapi adakah cara otomatisnya? Jawabannya ada. Terdapat berbagai macam aplikasi penghemat baterai yang dapat diunduh di Android Market, salah satunya adalah Juice Defender. Aplikasi ini memiliki berbagai macam pengaturan yang dapat membuat baterai smartphone kita menjadi lebih hemat.



[ dikutip dari berbagai sumber ]

0 comments: