Latest Entries »

10 Strategi Pemasaran Ala Viral Marketing

Strategi viral marketing memberikan kebebasan kepada pengunjung untuk memperoleh atau menggunakan produk dan servis secara gratis. Ini salah satu metode pemasaran di internet yang ampuh untuk mendapatkan target pasar yang lebih besar. Beritahukan kepada pengunjung bahwa mereka bisa melakukan tes atau uji coba pada produk yang ditawarkan. Jika pengunjung telah merasakan bahwa produk kita memang layak, mereka tak segan akan segera melakukan pembelian. Beberapa metode dibawah ini bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produk online kita :

  1. Buat artikel yang menarik. Masukan aneka tips atau cara melakukan sesuatu yang banyak dibutuhkan orang. Kirim ke ezine publisher atau newsletter. Berikan keleluasaan kepada pengunjung untuk reprint artikel di website, ezine, newsletter, majalah atau e-book. Dengan catatan harap mencantumkan sumber artikel dan catatan penting lainnya di bawah tiap artikel yang telah kita buat.

  2. Biarkan pemilik web lain menggunakan beberapa layanan gratis kita sebagai bonus bagi produk mereka. Namun satu hal yang menjadi catatan adalah mereka harus sertakan link bisnis kita pada semua layanan free yang mereka adopsi.

  3. Ijinkan orang-orang untuk menggunakan halaman diskusi online kita untuk website yang mereka miliki. Beberapa pemilik situs tidak memiliki room free untuk diskusi. Hanya saja tambahkan iklan anda di atas room diskusi ini.

  4. Berikan ijin orang mendaftarkan diri untuk memanfaatkan website atau server kita secara free. Berikan kepada mereka space dan minta untuk memasukan banner bisnis kita di website mereka. Model ini telah dilakukan oleh CJB.net dan situs sejenis.

  5. Perbolehkan orang lain untuk menambahkan link mereka ke directori situs kita secara gratis. Hanya katakan syaratnya untuk kembali ke link website anda atau directori iklan kita.

  6. Berikan layanan online gratis kepada pemilik situs lain, pengunjung atau pendaftar ezine. Jasa gratis ini bisa berupa free email, konsultasi melalui email, daftar di search engine dan lain-lain.

  7. Berikan pengunjung software gratis. Masukan saja pada iklan bisnis. Dijamin banyak orang akan tertarik dengan tawaran ini.

  8. Ijinkan orang lain mencontoh dan mengcopy gratis desain website kita, grafik, font, template dan lain-lain. Beritahu mereka untuk tidak merubah iklan dan alamat link kita.

  9. Berikan ijin orang lain untuk menempatkan iklan di free e-book kita. Lakukan pertukaran, jika e-book tersebut ditempatkan pada situs mereka, kemungkinan pengunjung website atau ezine mereka akan mengetahui link kita.

  10. Biarkan orang lain membawa free e-book kita untuk para pengunjung mereka. Kemudian pengunjung pun akan mengcopy juga. Cara ini berlangsung terus menerus membuat iklan kita makin tersebar luas dan dikenal oleh pengguna internet. Jika kita melakukan metode ini, dijamin link bisnis kita akan menyebar ke seluruh dunia layaknya virus.



[ dikutip dari berbagai sumber ]





Search Amazon.com for viral marketing

0 comments: