Latest Entries »

7 Kebiasaan Yang Merusak Otak

  1. Merokok
    Ada banyak efek negatif merokok. Salah satu dampak mengerikan adalah membuat volume otak mengecil dan hilang kemampuannya. Orang yang merokok juga lebih mudah terserang Alzheimer.

  2. Polusi Udara
    Otak adalah salah satu organ tubuh yang membutuhkan banyak suplai oksigen. Terlalu lama berada di lingkungan yang memiliki kualitas udara buruk membuat kinerja otak terganggu.

  3. Tidak Sarapan
    Banyak orang melewatkan sarapan karena alasan perut kosong dan menurunkan kadar gula darah. Akibatnya, otak akan mengalami kekurangan pasokan nutrisi yang berdampak pada penurunan fungsinya. Sarapan yang baik tidak melulu makan makanan yang berat, segelas jus buah bisa menjadi pilihan yang baik di pagi hari.

  4. Makan Terlalu Banyak
    Makan secara berlebihan terutama yang mengandung lemak, tidak hanya akan menambah berat badan, tetapi juga tidak baik untuk otak. Pembuluh darah otak dapat tersumbat, antara lain oleh kandungan lemak dalam makanan. Kita dianjurkan makan dengan porsi normal dan tidak perlu harus kekenyangan.

  5. Kekurangan Rangsangan Bagi Otak
    Cara terbaik untuk melatih otak adalah dengan berpikir. Jika kita tidak banyak berpikir, ukuran otak akan mengecil. Otak tidak akan mampu bekerja secara optimal. Untuk itu rajinlah membaca, mendengarkan musik, dan bermain catur agar otak selalu aktif dan kreatif.

  6. Berpikir Berat Saat Sakit
    Bekerja atau belajar terlalu keras saat kita sedang tidak sehat dapat membawa dampak buruk bagi otak. Jika kita merasa tidak sehat, tindakan terbaik yang harus dilakukan adalah segera beristirahat, jangan memaksakan otak untuk bekerja keras.

  7. Masalah Tidur
    Tidur adalah kesempatan bagi otak untuk beristirahat. Waktu tidur ideal 6-8 jam tiap hari. Kurangnya waktu tidur membuat sel-sel otak mati. Namun, terlalu banyak tidur juga akan membuat kita menjadi malas dan lambat.



[ dikutip dari berbagai sumber ]

0 comments: