Latest Entries »

5 Aplikasi Wajib Untuk ANDROIDmu

Aplikasi merupakan hal sangat penting bagi sebuah perangkat Android. Bagi kita yang baru pertama kali memiliki sebuah perangkat Android, tidak ada salahnya untuk menginstal beberapa aplikasi di bawah ini. 5 aplikasi ini memang tidak harus diinstal semuanya, tetapi sudah jelas sekali jika aplikasi-aplikasi ini sangat berguna bagi kegiatan sehari-hari. Berikut diantaranya :

1. Juice Defender
Bukan rahasia lagi kalau daya tahan baterai menjadi masalah bagi semua pengguna Android. Layar sentuh dan koneksi internet tiada henti dapat menyebabkan baterai cepat habis. Dengan aplikasi ini, kita dapat mengatur sedemikian rupa agar baterai dapat berjalan optimal. Tersedia 5 Preset Profiles dimana tiap preset-nya memiliki pengaturan berbeda, dari default hingga full kustomisasi. Aplikasi ini dapat mengatur kecepatan prosesor juga. Sebagai contoh, kita dapat menurunkan clock prosesor ketika layar dimatikan dan mengembalikannya ke keadaan semula saat layar kembali hidup dan hp/tablet aktif.

2. Advanced Task Killer
Tidak semua aplikasi yang berjalan pada hp/tablet memiliki pilihan Exit atau keluar, sehingga cara untuk mengakhiri sebuah aplikasi tersebut adalah dengan menekan tombol Back pada hp/tablet. Dengan cara ini sebenarnya aplikasi tadi tidak sepenuhnya tertutup, melainkan masih tetap berjalan pada background system, sehingga secara default, prosesor masih akan tetap menjalankan aplikasi itu yang berimbas pada baterai. Dengan aplikasi ini, kita dapat melakukan fungsi kill (menutup) aplikasi-aplikasi yang sebelumnya telah terbuka. Aplikasi-aplikasi yang sebelumnya telah terbuka akan ditampilkan secara urut, dan kita dapat memilih aplikasi mana yang akan ditutup. Tetapi bila tidak ingin repot, maka jadikan Advanced Task Killer sebagai widget pada layar utama. Tekan widget, dan semua aplikasi yang berjalan pada background akan ditutup.

3. APNdroid
Selain baterai, hal lain yang cepat terkuras pada sebuah hp/tablet Android adalah pulsa. Koneksi internet yang aktif terus-menerus jelas menjadi titik utamanya. Kita bisa saja mematikan koneksi internet untuk menghemat pulsa melalui menu Settings, tetapi terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan sehingga terasa merepotkan. Dengan aplikasi ini, hal tersebut akan terasa mudah dan cepat. Koneksi internet pada hp/tablet diatur sedemikian rupa melalui sebuah protokol (APN). Cara mudah memutus koneksi interet yaitu dengan menonaktifkan APN yang sedang berjalan. Hal inilah yang dilakukan APNdroid. Pasang sebagai sebuah widget, dan dengan men-tap widget APNdroid, koneksi internet akan non aktif. Sederhana bukan?

4. Link2SD
Bagi yang masih menggunakan platform Android 1.5 hingga 2.1, jelas aplikasi ini sangatlah berguna. Mengapa begitu? Link2SD memungkinkan hp/tablet untuk menyimpan aplikasi ke dalam memori eksternal, sehingga tidak mengurangi kapasitas memori internal. Tetapi pastikan dulu apakah aplikasi yang ingin dipindah ke memori eksternal telah mendukung fitur App2SD atau belum. Sebelum menginstal Link2SD, kita harus melakukan partisi terlebih dahulu pada memori eksternal. Sedikit merepotkan memang, tetapi partisi ini dibutuhkan untuk menyimpan aplikasi yang hendak diinstal pada memori eksternal.

5. ES File Explorer
Secara default, Android menyediakan My Files sebagai aplikasi untuk mengorganisasi file yang tersedia, baik di memori internal maupun eksternal. Tetapi sayang fiturnya tidak lengkap. ES File Explorer memiliki tampilan ramah, begitu juga dengan fitur-fiturnya yang terbilang lengkap. Seperti copy/cut, multiselect, manage apps, search dan lain-lain. Sebagai sebuah aplikasi file manager handal, salah satu fitur yang diandalkan adalah Backup. Dengan fitur ini, kita dapat menyimpan file instalasi (apk) aplikasi yang telah terinstal pada memori internal. Sehingga ketika kita ingin menginstal kembali aplikasi tersebut, tidak perlu susah-susah mengunduhnya lagi.


[ dikutip dari berbagai sumber ]

0 comments: