Latest Entries »

HOLLYWOOD ROAD HONG KONG : Nuansa Urban Dengan Sisipan Nostalgis Arsitektur & Kulinernya (1/2)

Hong Kong. Metropolis Asia Timur padat dengan hampir 7 juta penduduk ini selalu mengalami perubahan. Walaupun pemandangan urbannya selalu berganti, masih ada beberapa daerah di pusat kota yang mempertahankan ciri khas lama, dan tidak jarang bersisian dengan yang baru.

Sejarah modern Hong Kong dimulai dengan Perjanjian Nanking pada 1842, usai Perang Opium Pertama ketika Kerajaan Cina menyerahkan Pulau Hong Kong kepada Kerajaan Inggris, yang kemudian mendapat Semenanjung Kowloon dan Pulau Stonecutter pada 1860, dan di 1898 menyewa “New Territories”, sebelah utara Kowloon, selama 90 tahun (1 Juli 1898 - 30 Juni 1997). Walau Inggris hanya perlu mengembalikan New Territories ke Cina pada 1997, tapi akhirnya London menyerahkan seluruh wilayah Hong Kong karena hampir separuh dari penduduk tinggal di New Territories.

Daerah Central dan Sheung Wan, yang dinamakan Victoria di masa awal kolonial Inggris, adalah salah satu daerah tertua di pulau Hong Kong. Victoria dianggap sebagai 'ibukota' Hong Kong. Dikarenakan hampir semua perkantoran milik pemerintah koloni dan banyak perusahaan besar berlokasi di sini. Walau wajah Central dan Sheung Wan kini didominasi bangunan tinggi dan modern, di sekitar Hollywood Road masih ada kantong-kantong yang mempertahankan arsitektur masa lampau. Tidak heran, karena Hollywood Road dibangun pada 1844, jalan kedua yang dibangun pemerintah koloni Inggris setelah Queen’s Road Central.

Untuk menghubungi Hong Kong dari Indonesia, putar kode 852, diikuti oleh nomor teleponnya. Pemegang paspor Indonesia mendapatkan visa on arrival yang berlaku selama 30 hari.

Daerah utara dan selatan Hollywood Road, yang membentang antara Central dan Sheung Wan, kini dikenal dengan nama SoHo (South of Hollywood Road) dan juga NoHo (North of Hollywood Road). Dalam beberapa tahun belakangan ini, jalan-jalan kecil sekitar Hollywood Road telah menjadi tempat yang hip dan trendy untuk bersantap maupun berbelanja. Café, restoran serta butik independen banyak bertebaran, dan tak jarang berdampingan dengan toko dan restoran keluarga yang bertahan beberapa generasi. Jalur terunik mencapai SoHo dan NoHo adalah via Central-Mid-Levels Escalator. Naik dari Queen’s Road Central, tepatnya gedung Central Market yang bergaya Bauhaus dan turun di Hollywood Road. Pada pagi hari dari pukul 06.00 sampai pukul 10.00, sistem eskalator terpanjang di dunia yang mencapai 800 m ini mengarah turun. Eskalator berubah mengarah naik dari pukul 10.00 sampai pukul 22.00. Fenomena SoHo dimulai dengan menjamurnya restoran dan café pada jalan-jalan kecil di bawah eskalator: Shelley, Elgin dan Staunton Street. Makin mahalnya harga sewa properti memaksa pebisnis kuliner dan fashion yang kecil dan independen berpindah ke barat, terutama ke Peel Street yang dipandang sebagai SoHo alternatif, dan apa yang dikenal dengan NoHo: Aberdeen dan Gough Street.

Menelusuri Hollywood Road ke Sheung Wan, terlihat deretan galeri seni dan toko antik. Schoeni Art Gallery di Old Bailey Street dan Hollywood Road, adalah salah satu galeri seni pertama dengan spesialisasi seni kontemporer dari Cina. Art Statements Gallery memamerkan karya seniman internasional, termasuk pelukis manga Yoshitaka Amano, grup seni Rusia AES+F dan banyak lagi.
Man Mo Temple di persimpangan Hollywood Road dan Ladder Street, adalah salah satu kuil tertua dan terkenal di Hong Kong. Man Mo berarti sastra dan militer, memuja dewa sastra dan dewa militer Cina. Uniknya, Kwan Tai sang dewa militer, dikenal sebagai dewa pelindung polisi maupun triad Hong Kong. Graham Street Market, antara Queen’s Road Central dan Hollywood Road, adalah pasar tertua di kota Hong Kong, dan diperkirakan sudah beroperasi lebih dari 150 tahun. Sebuah lembaga masyarakat, The Conservancy Association Centre for Heritage mengelola tur dua jam memperkenalkan berbagai aspek unik pasar jalanan di Central, termasuk daipadong (warung makan khas Hong Kong) dan gedung tua bekas toko pangan Wing Wo yang telah berusia 130 tahun.

Hong Kong Tourism Board, www.discoverhongkong.com
Hong Kong Travel Guide, wikitravel.org
SoHo, www.ilovesoho.hk
Central Police Station dan Victoria Prison, 10 Hollywood Rd
Man Mo Temple, Nos. 124-126 Hollywood Road, Sheung Wan.
The Conservancy Assocation Centre for Heritage, 2291-0238, www.cache.org.hk
Schoeni Art Gallery, 21-31 Old Bailey St, 2869-8802; 27 Hollywood Rd, 2542-3143, www.schoeni.com.hk
Art Statements Gallery, 5 Mee Lun St, 2122-9657, www.artstatements.com

Cough Street dan Aberdeen Street, yang dikenal sebagai NoHo menjadi pusat desainer lokal muda dan daerah trendy bagi pecinta fashion dan desain. Di daerah yang tadinya dipenuhi oleh bisnis cetak tradisional ini, bermacam butik baik dekorasi rumah, fashion dan perhiasan menawarkan sesuatu yang unik bagi mereka yang tidak suka barang produksi massal. Koleksi perhiasan Cécile Tu Contemporary Jewellery, baik kalung, cincin, anting, gelang maupun bros, lebih pantas disebut hasil seni dibanding sekadar aksesori tubuh. Cécile menggabungkan teknik yang ia pelajari saat mengenyam ilmu di London dengan konsep siklus natural dan kitab klasik Taoisme, I-Ching. Sementara Alvani, butik mungil di persimpangan Aberdeen dan Gough Street, menyediakan baju, jeans dan sepatu chic nan modis buatan Perancis, Italia, Korea dan Jepang. Lalu di ujung Gough Street, toko BBN menjual sepatu, sekaligus menerima pesanan dan menyediakan desain dari bermacam bahan.

Homeless menawarkan aksesori rumah dan perabot yang berkonsep unik. Cuma beberapa meter dan toko utamanya, Homeless membuka Wunying Collection, galeri yang khusus menjual dan memamerkan karya kartunis muda Carrie Chou Wun-ying dalam ujud kaos, kartu pos, aksesori rumah dan aneka pernak-pernik berkarakter ikon Black Sheep. Alternatif untuk pemburu perkakas dan aksesori rumah adalah Addiction dan Axis Collections. Keduanya menitikberatkan desain funky dari Eropa, Jepang dan Amerika Utara. Buat pembela lingkungan hidup, butik Ecols menawarkan perabot rumah serta pakaian dari bahan daur ulang, hemat energi dan ramah lingkungan.

Cécile Tu Contemporary Jewellery, 15 Aberdeen St, 2817-1533
Alvani, 2A Gough St, 2542-0388
Ecols, 8-10 Gough St, 3106-4918
Homeless, 29 Gough St, 2581-1880, www.homeless.hk
Addiction, 15 Gough St, 2581-2779
Axis Collections, 47 Gough St, 2858-6919, www.axiscollections.com
BBN, 51 Gough St, 2815-4499



0 comments: