Latest Entries »

Trigan [bahasa indonesia]


Deskripsi
Pendekar Trigan atau kemudian dikenal hanya dengan Trigan adalah serial komik fiksi ilmiah Britania Raya yang dalam kebanyakan ceritanya ditulis oleh Mike Butterworth dan digambar oleh Don Lawrence. Komik ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dari Bahasa Inggris, The Rise and Fall of the Trigan Empire, kemudian menjadi hanya The Trigan Empire dan bercerita tentang sebuah kebudayaan makhluk asing yang berisi perpaduan pendidikan ilmu pengetahuan dan peradaban kuno yang mirip seperti Bumi. Kisah ini pertama kali diterbitkan dalam bahasa Indonesia pada tahun 1970-an dalam Majalah HAI sebagai cerita bergambar bersambung, kemudian oleh penerbit Gramedia dalam format buku komik pada tahun 1980-an.
Komik ini bercerita tentang peristiwa masa lampau sebuah kekaisaran di planet yang jauh bernama Elekton. Cerita komik ini sangat dipengaruhi oleh kisah-kisah mitologi, sejumlah masyarakatnya didasarkan pada kebudayaan-kebudayaan kuno yang telah ada dalam sejarah. Kemiripan utamanya adalah Kekaisaran Trigan yang tampak digambarkan berdasarkan kekaisaran Romawi. Kemiripan ini bahkan diperluas dalam penggambaran Kota Trigan, ibukota yang dibangun di atas lima bukit, dengan gaya yang sama dengan tujuh bukit Roma. Bangsa Trigan menerbangkan pesawat atmosfer. Kendaraan ini mirip seperti pesawat ruang angkasa, tetapi terbatas untuk terbang hanya pada atmosfer planet Elekton. Pakaian yang dikenakan bangsa Trigan mirip dengan bangsa Romawi, dengan banyak penduduk mengenakan pakaian seperti Toga, atau untuk serdadunya kebanyakan dengan baju zirah gaya Romawi. Sebuah kemiripan yang sama dapat juga ditemukan dalam penggambaran bangsa Hericon, saingan utama kekuasaan bangsa Trigan, yang penampilannya tampaknya mencerminkan unsur-unsur Kekaisaran Bizantium dan Kekaisaran Persia.
Serial ini merupakan campuran aneh teknologi rendah dan tinggi. Bangsa Trigan dimulai sebagai sebuah suku nomaden yang disebut Vorg yang tidak mempunyai teknologi, pada awalnya di bawah pimpinan tiga bersaudara, Trigo, Brag, dan Klud. Trigo membujuk saudara-saudaranya yang lebih konservatif bahwa dalam menghadapi perubahan waktu, yaitu ambisi Kekaisaran Lokan, mereka harus menetap. Bangsa Trigan yang muda kemudian didirikan di bawah kepemimpinan Trigo, dengan ornamen peradaban bergaya Roma dengan pedang, tombak dan pakaian gaya Romawi, tetapi dengan senjata sinar berteknologi tinggi, pesawat atmosfer dan angkatan laut berteknologi tinggi. Dalam sebuah cerita selanjutnya, mereka kemudian menciptakan pesawat roket selama berbulan-bulan untuk terbang ke salah satu bulan planet Elekton. Beberapa dari peradaban lainnya juga menunjukkan campuran teknologi-teknologi tinggi dan rendah.

Link Download

MediaFire - Free File Hosting Made Simple
Trigan [bahasa indonesia] 01 Lima Tantangan Maut.rar
Trigan [bahasa indonesia] 02 Balas Dendam.rar
Trigan [bahasa indonesia] 03 Petaka Dari Dasar Laut Dan Angkasa.rar
Trigan [bahasa indonesia] 04 Senjata Rahasia.rar
Trigan [bahasa indonesia] 05 Kaisar Boneka.rar
Trigan [bahasa indonesia] 06 Lembah Sang Penakluk.rar
Trigan [bahasa indonesia] 07 Toth Zandu Penjelajah Waktu.rar
Trigan [bahasa indonesia] 09 Mencari Kota Dorana.rar
Trigan [bahasa indonesia] 11 Pertempuran Demi Trigan.rar
Trigan [bahasa indonesia] 13 Misteri Cahaya Ungu.rar
Trigan [bahasa indonesia] 14 Pasukan Hitam.rar
Trigan [bahasa indonesia] 15 Misteri Kembar Tiga.rar
Trigan [bahasa indonesia] 16 Pengkhianatan Akhan.rar
Trigan [bahasa indonesia] 17 Loris Liar.rar
Trigan [bahasa indonesia] 18 Kabut Hijau.rar
Trigan [bahasa indonesia] 19 Dunia Renik.rar
Trigan [bahasa indonesia] 20 Planet Kaum Buangan.rar
Trigan [bahasa indonesia] 22 Ancaman Maut Dari Angkasa.rar
Trigan [bahasa indonesia] 26 Buah Terkutuk.rar



4 comments:

Anonymous said...

volume 08 nya kok gak ada gan?

2nd Choices said...

@Anonymous :
Maap bos, beberapa volume di Trigan ini memang kita masih belum punya.
Semoga bisa dimaklumi. Thanks..

Stanley Stevenson said...

Thank Bro ...... Mantap

Reza RM said...

Tengkyu bgt gan..udh lama bgt nyari2 gak ada..akhirnya kesampaian juga kangennya waktu kecil baca Trigan..kl gak salah harganya Rp3.500 atu Rp5.000 lupa hahaaa